Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pirelli Perkenalkan Tricolore Diablo Superbike

Kompas.com - 10/05/2011, 11:26 WIB

MONZA, KOMPAS.com - Inilah cara yang dilakukan Pirelli, produsen mobil terkenal dari Italia (sekarang juga menjadi pemasok ban F1), untuk merayakan 150 tahun unifikasi Italia. Pada saat kualifikasi Superpole Superbike Dunia di Monza, 7 Mei kemarin, Pirelli memperkenalkan ban dengan ciri khas, garis-garis tiga warna menggeliling telapak ban, terdiri dari hijau, putih dan merah: bendera Italia.

Pada dinding ban khusus ini juga ditambahkan label berupa logo “150th Italy”. Ban tersebut diberi nama Tricolore Diablo Superbike. Ban khusus ini merupakan fitur opsional dari generasi Pirelli Rosso, untuk Kejuaraan Dunia Superbike, yaitu Diablo Rosso Corsa dan yang terbaru adalah Diablo Rosso II. Garis-garis dengan label ban digunakan untuk menandakan Diablo Superbike digunakan utuk kualifikasi.

Dijelaskan, Monza adalah sirkuit tercepat dari seluruh seri Kejuaraan Superbike Dunia, baik di trek lurus maupuhn di tikungan. Pebalap harus meningkung pada kecepatan lebih tinggi pada saat kualifikasi. Untuk itulah Pirelli membuat ban khusus untuk sirkuit ini. Misalnya, kompon untuk ban belakang, terutama bagian bahu dan tengah. Untuk mencegah tidak cepat habis, bahu dan bagian tengah telapak ban diperkuat lagi.  

Ditambahkan, biasanya digunakan tiga jenis ban, yaitu kompon sedang-lunak (mid-soft) dan dua kompon lebih keras untuk memperoleh stabilitas ketika rem digunakan dan daya cengkeram yang mantap ketika menikung.Tahun lalu Max Biaggi dengan Aprillia membuat rekor lap tercepat, yaitu satu menit 42,12 detik dan kecepatan tertinggi 330 km/jam pada trek lurus.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com