Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pagani Huayra, Bodi dan Knalpot dari Titanium

Kompas.com - 02/03/2011, 14:24 WIB

JENEWA, KOMPAS.com – Produk terbaru dari produsen mobil sport asal Italia, Pagani, yaitu Huayra, ternyata mendapatkan perhatian khusus dari wartawan yang meliput pada hari pertama pembukaan Geneva International Motrshow 2011 kemarin. Strategi Pagani yang merilis foto-foto mobil ini sebelum melakukan debutnya, ternyata berhasil!

Kendati produksi Pagani sangat terbatas, namun di arena supersport car sangat dikenal. Mobil ini juga dikenal bagi mereka yang suka balapan di layar monitor televisi atau komputer, yaitu “Need For Speed" (NFS).

Huayra diplot Pagani sebagai pengganti Zonda yang cukup beken dan punya kemampuan  hebat dikebut di sirkuit. Ciri khas yang menarik dari Huayra, kedua pintu samping bergaya saya burung, bodi monok dari bahan karbon-titannium dan ditanamkan mesin 6 liter, V12 yang mampu menghasilkan tenaga 700 PS. 

Mesin ini dipasok dari Mercedes-AMG biturbo yang mampu menghasilkan torsi 100 Nm lebih, lantai ditandemkan dengan transmisi sekuensial 7-percepatan dengan kopling ganda. Berat transmisinya   cuma 96 kg. Bobot  memang menjadi perhatikian khusus bagi Pagani. Untuk Huayra ini, total bobotnyas hanya 1.350 kg.

Kemampuan mencapai kecepatan tertinggi, klaim Pagani, 370 km/jam. Untuk membuatnya makin mantap dikebut – terutama ketika berada di tikungan, “overhang” belakang diperpendek. Lantas dengan geometri suspensi diset lagi plus ban Pirelli P Zero, di tikungan mobil ini bisa menghasilkan gaya lateral 1,5 g.  

Knalpot titaniumnya menggunakan teknologi balap untuk memastikan gas buang keluar dengan lancar. Bobot knalpotnya hanya 10 kg, menggema dengan mantap saat dikebut habis. Huayra dilengkapi pula empat “flap” atau sayap belakang  dengan kontrol sendiri-sendiri. Perubahan posisi terjadi secara konstan, tergantung pada kecepatan, gerakan mobil, akselerasi, sudut setir dan putaran mesin. “Impresif,” komentar wartawan karena “down force” atau daya cengkeram mobil ke permukaan jalan bisa diatur oleh komputer.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com