Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Rayakan Produksi MX-5 (Miata) ke-900.000 unit

Kompas.com - 04/02/2011, 10:58 WIB

HIROSHIMA, KOMPAS.com –  Hari ini Mazda Motor Corporation (MMC) merayakan produk ke-900.000  - satu-satunya roadster kompak dua tempat duduk kebanggaan produsen asal Hiroshima tersebut, yaitu MX-5.  Disebutkan,  untuk mencapai produksi 900.000 unit, dibutuhkan waktu 21 tahun 10 bulan. Pasalnya,   MX-5, sebelumnya juga dikenal dengan Miata - di Jepang disebut Mazda Roadster -  mulai diproduksi secara massal pada April 1989. 

Dijelaskan pula, MX-5 telah mendapatkan beberapa kali sertifikasi sebagai "The World Best Sellling Two Seat Sport Car" dari “Guinness World Records”.  Pertama, ketika produksinya mencapai 531.890 unit pada Mei 2000. Guinness World Records kemudian mempebaiki data ketika produksi mencapai 700.000 unit dan 800.000 unit. Saat ini Mazda kembali memanfaatkan lembaga tersebut untuk memperbarui data MX-5 menjadi  900.000 unit.

Dijelaskan,   roadster kompak ini   merupakan produk global mereka yang paling lama bertahan menggunakan nama  MX-5. Menurut Nobuhiro Yamamoto, Program Manager MX-5 sekarang ini, sejak diluncurkan pertama kali, MX-5 telah dua kali mengalami rancang ulang (All-New) dan beberapa kali facelift

Dijelaskan pula, sampai saat ini penggemarMX-5 masih terus tumbuh di seluruh dunia. “Untuk itulah saya akan tetap menjaga semangat MX-5 terus hadir sesuai dengan perkembangan dan tren mobil sport sekarang,” tegasnya 

Sementara itu, Seita Kanai, Senior Managing Executive Officer Pengembangan Mazda menambahkan, ”Lebih dua puluh tahun setelah generasi pertama MX-5 dilahirkan, tren dan teknologi mobil berubah drastis. Tuntutan masa kini adalah mobil yang semakin ramah terhadap lingkungan. Untuk MX-5 akan dipersenjatai teknologi baru Mazda, SkyActiv.”

Sebagai  produk yang menjadi simbol Mazda, penampilan dan teknologi MX-5 akan terus dikembangkan. “Kami menyosong produksi ke satu juta unit. Untuk itu, Mazda mengembangkan MX-5 sebagai roadster kompak yang makin enak dikebut, aman dan juga makin ramah terhadap lingkungan,” lanjut Kanai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com