Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Kembangkan Mobil Listrik dan Hibrida di India

Kompas.com - 29/09/2010, 15:43 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Maruti Suzuki India (MSI) mengumumkan pengembangan Suzuki SX4 sedan berteknologi hibrida, Selasa (28/9/2010). Mereka juga tengah mengembangkan MPV listrik Eeco. Keduanya akan digunakan sebagai kendaraan pendukung gelaran Commonwealth Games, 3 - 14 Oktober mendatang yang menampilkan  10 SX4 hibrida dan 4 Eeco listrik.

"Saya gembira para insinyur di Maruti Suzuki telah mengembangkan mobil berteknologi masa depan. Proyek ini telah membantu ahli rekayasa kami untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan R&D mereka," ujar Shinzo Nakanishi, Direktur Pemasaran dan CEO MSI.

SX4 hibrida menggunakan teknologi Full Parallel Hybrid dengan transmisi Automated Manual Transmission (AMT) yang memadukan mesin K-series 1,2L dengan  motor listrik 50 kW yang bersanding dengan transmisi AMT 5-speed. Pasokan energi didapat dari baterai lithium-ion. Dengan perpaduan teknologi ini, konsumsi bahan bakar  25 persen lebih efisien.

Sementara mobil listrik Eeco Charge menggunakan motor listrik 50kW dengan pasokan energi dari baterai lithium-ion 24 kWh. Dengan baterai terisi penuh bisa menmpuh jarak 100 km dengan kecepatan maksimum 100 km/jam. Posisi baterai diletakkan di bawah lantai untuk pengendalian lebih baik, sekaligus mempertahankan kapasitas ruang bagasi tetap besar.

Pengembangan mobil berenergi alternatif ini turut didukung oleh program pemerintah India, National Hybrid Propulsion Programme dan High Energy Density Battery Development Programme.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com