Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Wanita Boros Bensin Saat Mengemudi

Kompas.com - 15/06/2010, 11:57 WIB

INGGRIS, KOMPAS.com — Boleh percaya boleh tidak, gaya mengemudi wanita lebih boros bahan bakar ketimbang pria. Kemudian, enam dari sepuluh pria lebih senang mengurangi aktivitas penggunaan mobil. Sebaliknya, kurang dari 50 persen wanita mau melakukan hal serupa.

Itulah hasil penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Transportasi Prolingkungan (Environmental Transport Association/ETA) di Inggris yang diterbitkan media mingguan Green Transport Week, akhir pekan lalu.

Wajar bila kaum hawa lebih boros karena saat mengemudi penuh dengan kehati-hatian, baik hendak menyalip, belok, dan belum lagi menjaga putaran mesin ketika menghadapi kemacetan. Juga, mereka enggan naik sepeda motor atau berdesak-desakan di bus.

Penelitian ini memperkuat hasil yang telah dilakukan ETA sebelumnya. Sarana yang dipakai, selain dari angket, juga ada sisi transportasi umum dan penggunaan sepeda.

Faktanya, ditemukan 45 persen pria akan mengubah gaya menyetirnya agar lebih hemat bahan bakar. Kaum hawa cuma 37 persen yang mau melakukan itu.

Masih dalam kaitan penghematan bahan bakar, ternyata 21 persen pria lebih suka menggunakan sepeda, sedangkan wanita hanya 10 persen. Aktivitas bersepeda ini banyak dipilih oleh pengguna mobil dengan rentang usia 18 sampai 24 tahun.

Ketika disurvei di sektor transportasi umum, tercatat 35 persen pria menggunakannya ketimbang wanita yang hanya 28 persen memilih naik bus daripada mobil pribadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com