Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM Sepakat Menjual Saab ke Spyker Seharga 400 Juta Euro

Kompas.com - 27/01/2010, 18:41 WIB

DETROIT, KOMPAS.com — General Motors akhirnya setuju menjual Saab ke Spyker, produsen mobil sport mewah asal Belanda, Spyker Cars NV. Kesepakatan tersebut dicapai kemarin dan diumumkan pada Rabu (27/1/2010) oleh GM.

Sementara itu, Bloomberg memberitakan bahwa nilai transaksi penjualan Saab mencapai 400 juta euro atau bila dikonversi hampir Rp 53 triliun. Transaksi tersebut dibantu oleh pinjaman European Investment Bank yang diberikan langsung ke Saab, GM, dan Spyker.

Produsen mobil sport asal Belanda tersebut juga harus membayar 74 juta dollar AS dan 326 juta dollar AS dalam bentuk saham pada perusahaan baru. Perusahaan baru nantinya bernama Saab Spyker Automobiles.

Rinciannya, begitu transaksi disepakati, Spyker diwajibkan langsung membayar tunai 50 juta dollar AS dengan pembayaran terakhir 15 Februari 2010. Selanjutnya, 24 juta dollar AS dibayarkan sebelum 15 Juli. Juga diinformasikan bahwa untuk melancarkan transaksi ini, Spyker memperoleh fasilitas kredit 150 juta euro dari GEM Global Yield Fund yang dapat dibayar dalam bentuk saham.

Saab adalah merek pertama yang dijual GM sejak perusahaan ini dinyatakan bangkrut oleh Amerika Serikat pada 10 Juli tahun lalu. Selain Saab, GM sebelumnya juga berencana menjual Opel di Jerman, Saturn, dan Hummer. Namun, proses penjualan ketiga merek terakhir belum tuntas.

“Pengumuman hari ini merupakan kabar gembira bagi karyawan, dealer, pemasok, serta jutaan pelanggan dan penggemar Saab di seluruh dunia. Hal ini juga kabar gembira bagi GM,” kata John Smith, Wakil Presiden GM untuk Perencanaan dan Aliansi.

Di lain hal, dengan penjualan Saab, GM akan memperoleh dana untuk membayar kembali utangnya kepada Pemerintah Amerika Serikat. GM membeli 50 persen saham Saab pada 1990.

Sebelum dibeli oleh Spyker, Saab pernah ditawar oleh produsen mobil sport Swedia, Koenigsegg bersama Beijing Automotive Industry, pada November tahun lalu. Namun, mereka tidak berhasil mencapai kesepakatan. Akhirnya, Beijing Auto membeli beberapa teknologi Saab senilai 200 juta dollar AS untuk digunakan pada mobil produksi mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com