Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PX i-MiEV SUV Anyar Mitsubishi di TMS

Kompas.com - 01/10/2009, 11:28 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Mitsubishi masih mengandalkan i-MiEV (intellegent-Mitusbishi Electric Vehicle) dalam pesta  dua tahunan 41st Tokyo Motor Show (TMS) 2009 yang digelar  21 Oktober sampai 4 November mendatang. Hanya, kendaraan listrik kali ini bukan hanya model city car, tapi bentuknya kargo dan satu lagi termasuk yang diandalkan, yakni PX-i-MiEV.

PX merupakan sport utility vehicle (SUV)  berpenggerak hybrid plug-in yang dilengkapi teknologi terbaru  Super All Wheel Control (S-AWC) yang mampu menggerakan seluruh roda saat bersamaan. Tenaga sebesar 82dk dihasilkan dari dua motor listrik berkapasitas 60kW dengan torsi 200Nm. Sementara mesin bensin berkapasitas 1.600cc menghasilkan tenaga 116dk dan torsi 125Nm.

Untuk sistem pengisian baterai, di antaranya melalui sistem pengereman (seperti hybrid umumnya) atau bisa langsung dicolokkan ke stop kontak di rumah.

Dimensinya, panjang 4,5 meter (m), lebar 1,8m, dan tinggi 1,66m dengan sumbu roda 2,6m. Dari penampilan eksterior, tampangnya mirip dengan Outlander. Masuk ke dalam, interior mobil menawarkan sesuatu yang super nyaman bernuansa simpel khas anak muda Jepang. Bangku mobil tertutup dengan sarung jok anti-alergi dan sedikit sentuhan lampu LED pada panel instrumen di tengah dan pintu.

Selanjutnya, Mitsubishi juga akan menyandingkan produknya di atas dengan i-MiEV CARGO yang mengacu dari produk i-MiEV yang sudah diluncurkan ke pasar Jepang Akhir Juli lalu. Ruangannya bisa di adaptasi sesuai kebutuhan. Berbentuk kubus di bagian belakang memuat setiap sisi mobil ini bisa dimanfaatkan untuk dimaksimalkan untuk kargo.

CARGO mengaplikasikan mesin listrik murni yang mampu menghantarkan tenaga sebesar 64dk dan torsi maksimum 180Nm. Pada saat baterai terisi penuh mobil  mampu melaju hingga jarak 160 kilometer.

Rencananya, merek berlambang tiga bentuk belah ketupat merah ini akan menampilkan total 16 model pada TMS tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com