Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

New Honda Jazz Tampilan Sederhana, Tenaga Gahar

Kompas.com - 26/05/2009, 05:42 WIB

KOMPAS.com — Dari segi tampilan, New Honda Jazz 2009 ini bisa dikategorikan biasa-biasa saja. Velg lebar replika Volk Racing ukuran 17 inci, bukan yang istimewa. Kalaupun pada penghenti laju ada tulisan Brembo, itu hanya berupa brake cover.

Yang sedikit membedakan tampak pada bagian atap. Andika, sang pemilik, tergolong nekat. Ia berani mencopot atap GE8-nya dan diganti atap panoramic sunroof. Budget-nya sekitar Rp 16 juta dengan hasil yang memuaskan. Demikian kata Andika.

Meski bentuk tidak ekstrem, New Honda Jazz ini boleh dijajal di trek lurus. Tenaganya sekitar 170 dk on wheels, hasil itu didapat saat di dyno. Melonjaknya tenaga GE8 milik Andika didapat setelah dijejali turbo kit Zage.

Untuk membangun New Jazz, menurut Teddy dari REV Engineering yang menjadi distributor turbo Zage di Jakarta, enggak sulit karena tidak mengubah internal mesin yang menjadi pilihan Dika, sapaan akrab Andika. Lalu, jeroan mesin yang standar enggak perlu banyak ubahan.

Bahkan, untuk menginstalasi turbo asal Taiwan ini hanya butuh waktu 3 hari. Disetel dengan tekanan turbo (boost) 0,4 Bar saja, peranti itu mampu menaikkan tenaga mesin secara drastis sampai 50 dk. Di samping itu, perangkat standar boost resonator yang berfungsi sebagai pengompres udara yang akan masuk di ruang bakar turut dimanipulasi dengan piggyback Dastek.

Dengan begitu, bagian itu tidak menjadi penghambat dan mampu memaksimalkan tekanan yang terdapat di throttle body. Agar suplai bensin lebih kaya, Teddy meracik fuel pump agar aliran bahan bakar lebih deras.

Saat menginstalasi turbo Zage, Teddy terhadang kendala. "Pipa exhaust tengah mentok dan harus dibuat ulang," ujar Teddy. Solusinya, pipa jalur gas buang ditekuk sedikit menghindari terbentur dengan sasis. "Ke Bandung enggak ada masalah, bahkan kecepatan bisa mencapai 200 km/jam," bangga Andika. (Andry)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com