Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Audi TT Quattro Berbodi Italia

Kompas.com - 03/04/2009, 05:57 WIB

KOMPAS.com — Yang namanya kepuasan tak ada habisnya. Bayangkan, tampilan Audi TT sangat kental mencerminkan gaya sport dan tenaga kencang. Dibekali mesin segaris 2.000 cc FSI dengan tenaga 200 dk, kemampuan Audi ini digeber sampai 300 km/jam merupakan bukti.

Namun, oleh si pemiliknya yang minta dirahasiakan namanya, sedan coupe buatan Jerman itu masih ingin dimodifikasi lagi. Dapur pacu yang sebenarnya sudah lebih dari cukup masih "dipoles" lagi. Terutama bagian air induction saja karena untuk tenaga sudah mumpuni.

Air induction standar diganti punya Gruppe M dari K&N. Tujuannya untuk menjaga napas mesin agar terisi terus, dan itu terasa saat diajak jalan di keramaian lalu lintas.

Fokus utama Mr R, si pemilik mobil, lebih pada bagian bodi. Uniknya, komponen yang dipilih buatan Italia. "Sebetulnya untuk pilihan body kit buat Audi TT banyak. Namun, dipilihnya Caractere RS dari Italia karena garis tegas yang tercipta sangat sesuai dengan Mr R," komentar Arie dari rumah modifikasi Performance di Jakarta Selatan.

Untuk mendatangkan body kit Caractere dari Italia, berikut pemasangannya, dibutuhkan waktu satu bulan. "Pemasangannya sendiri cuma satu minggu dan itu sudah termasuk pengecatan," bilang Arie. Cepatnya pemasangan lantaran braket-nya sama dengan kode sasis Audi TT (8J).

Kendati sudah terpasang, Mr R masih belum puas. Solusinya, Arie menambah sayap belakang dan side body molding dengan bahan karbon agar mirip Audi R8. Untuk spoiler belakang, sistem elektrik tetap dipertahankan, hanya tingginya dinaikkan mencapai 15 cm. Makanya, saat melesat dengan kecepatan 140 km/jam, secara otomatis, custom carbon spoiler ini dapat naik-turun.

Supaya side molding yang agak di belakang mengikuti lekukan bagian pintu belakang dan pilar B, digunakan bahan karbon. Bentuknya sedikit lebih menggelembung agar lebih berotot. (Andri)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com