Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Limbah Skubek Eks Singapura

Kompas.com - 10/03/2009, 06:59 WIB

Ingin mengubah tampilan skubek Anda dengan mengandalkan bahan limbah, kini hal itu sudah tersedia. Bisa disambangi, di antaranya, Jatayu Motor Sport (JMS) di kompleks THI, Tubagus Angke, Jakarta Barat. Di situ tersedia beragam limbah yang bisa diadopsi untuk skubek lokal yang tampilannya menjadi lebih bongsor.

Banyak pemain limbah sudah mendatangkan langsung dari Singapura. "Eks skubek lebih mudah melacaknya di Singapura," ungkap Budi Udin Fakkar dari JMS. Jika Anda ingin tahu apa saja limbah skubek yang tersedia di JMS, simak di bawah ini.

Teleskopik dan Gilera
Tersedia suspensi depan model teleskopik bikinan Gilera Runner, Aprilia Atlantic, Yamaha Majesty, dan Kymco. Menariknya, limbah eks Singapura ini bisa dipasangi velg lebar ukuran 2,5 inci sampai 4 inci dengan ban 130 milimeter. Harganya, antara Rp 1,5 dan Rp 2,5 juta-an.

Masih dari Gilera Runner, juga ada shock model upside down. Uniknya, tabung shock menyatu dengan segitiga tanpa sistem baut atau las, bisa pasang velg lebar 2,5 inci. Bahkan, bila di-custom bisa muat yang 4 inci. Harga peranti ini lumayan tinggi, Rp 2,5 juta tanpa kaliper dan master rem. "Tapi kalau beruntung bisa dapat satu set dengan harga segitu," jelas Budi.

Tersedia juga konstruksi shockbreaker dari Honda Helix 250 yang modelnya link biasa, seperti suspensi depan Honda Super Cub. Ukurannya, satu set dari atas ke bawah, lumayan panjang, seperti shock depan motor sport. Kalau komplet, set itu bisa berikut setang dan master rem. Harga satu set sekitar Rp 1,5 juta.

Untuk bodi, kebetulan ada Suzuki Burgman 400. Kalau belum laku, satu set peranti itu lengkap, mulai dari lampu depan-belakang, part bodi kecil lainnya, spion, sampai behel belakang. Bagian-bagian ini tinggal dipasang pada Yamaha Nouvo atau Suzuki Skywave 125 dengan membuat dudukan baru. Satu set peranti tersebut dibanderol sekitar Rp 4 juta.

Selain bodi dan suspensi, mesin pun juga ada. Bahkan, untuk yang ber-cc besar sudah termasuk CVT, rangka belakang, kabel bodi, dan CDI. Malah, untuk mesin berpendingin air dilengkapi radiator. Kini, tersedia mesin Yamaha Majesty 250, Honda Helix 250, dan Honda Forza 250 yang dibanderol sekitar Rp 7 juta per satu set berikut kabel bodi. * (Aong)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com