Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rinspeed 'iChange': Cara Orang Swiss Menghadapi Krisis

Kompas.com - 19/02/2009, 12:18 WIB

Swiss, negara kecil yang makmur di Pergunungan Alpen, Eropa, sudah merintis mobil listrik selama dua dekade. Bukti keseriusan negara itu membina mobil listrik, selain peraturan emisi yang ketat, pada setiap pameran tahunan di Jenewa, mereka selalu menampilkan mobil listrik yang fantastik.

Untuk pameran tahun ini, yang akan diselenggarakan bulan depan, untuk mobil listrik disediakan satu hall khusus. Hasilnya, produsen mobil dari berbagai negara memutuskan untuk memamerkan konsep mobil listrik masa depannya yang paling baru.

Salah satu mobil listrik yang masih dalam taraf konsep dan cukup menarik dan akan ditampilkan nanti adalah Rinspeed “iChange”. Mobil dibuat oleh sebuah perusahaan Swiss. Tahun lalu, mereka juga menampilkan mobil sensasional pada event yang sama, yaitu sQuba: mobil listrik yang bisa menyelam.

Simbol Perubahan
Pemberian nama “iChange”, menurut bos Rinspeed, Frank M Rinderknecht, adalah simbol perubahan fundamental industri otomotif yang melanda seluruh dunia saat ini. Baginya, sebuah mobil konsep tidak sekadar pintar, tetapi juga harus inovatif.

“Saat ini, dunia berada pada masa reorientasi lantaran terjadinya berbagai perubahan dan krisis, antara lain krisis ekonomi, perubahan iklim, dan perang budaya,” jelas Rinderknecht.

Konsep yang ditonjolkannya pada “iChange” adalah lifestyle masa kini, tetapi mengutamakan aspek lingkungan yang bersahabat dan irit energi.

Untuk menarik kalangan muda yang ingin tampil beda, Rinspeed membuat mobil dengan penampilan sport. Interior pun digarap dan dilapisi dengan materi eksklusif. Adapun untuk penggerak, diandalkan motor listrik. Untuk menggerakkan motor listrik, diandalkan baterai lithium-ion yang sekarang menjadi incaran produsen mobil sebagai sumber energi utama mobil listrik di masa yang akan datang.

Dengan menggunakan motor listrik, bos Rinspeed tersebut langsung mengatakan, era mobil berbahan bakar minyak akan segera berakhir.

Tetesan Air
iChange adalah mobil sport kecil yang aerodinamis dengan bentuk—bila dilihat dari samping—seperti tetesan air. Dimensinya, tinggi 1.035 mm, panjang 4.280 mm, dan lebar 1.800 mm. Bisa digambarkan, mobil ini rendah atau ceper sekali.

Tidak banyak tonjolan di permukaan bodinya. Sebagian roda belakang ditutup. Juga tidak ada pintu. Inilah uniknya mobil sport listrik dari Swiss ini.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com