Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lorenzo Yakin Marquez Masih Terbebani Cedera Jerez 2020

Kompas.com - 27/08/2024, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Jorge Lorenzo membaca apa yang membuat Marc Marquez hingga kini belum bisa meraih kemenangan pada balapan utama. Menurutnya, cedera parah pada MotoGP Spanyol 2020 masih memengaruhi.

Empat tahun lalu, Marquez mengalami cedera di Sirkuit Jerez hingga patah tulang pada lengan kanannya. Cedera tersebut bahkan membuat Marquez harus absen hampir semusim penuh.

Baca juga: Marquez Bersaudara Masih Latihan Pakai Motor Honda

Bahkan, Marquez harus melakukan empat kali operasi besar untuk memperbaiki tangannya selama 2020 hingga 2022. Sejak saat itu, Marquez diklaim sudah sembuh total secara fisik.

 

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Inggris 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Inggris 2024

Namun, Lorenzo yakin cedera tersebut masih memengaruhi Marquez. Cedera ini yang dia yakini juga membuat Marquez sulit meraih kemenangan, meskipun sudah menggunakan Ducati Desmosedici GP23.

"Cedera di Jerez 2029 saya rasa membebani dirinya secara fisik. Kita telah melihat para juara hebat, seperti Mick Doohan, memenangkan empat kejuaraan dunia dengan hanya menggunakan satu kaki," ujar Lorenzo, dikutip dari Crash.net, Senin (26/8/2024).

Baca juga: Semakin Kompetitif, Marquez Tampil Memukau di MotoGP Austria 2024

"Saya pikir kita belum melihat gelar terakhir Marc Marquez, mungkin, tapi tidak akan mudah baginya untuk memenangkan kejuaraan lagi, karena dia memiliki dua pebalap muda di depannya," kata Lorenzo.

 

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2024

Menurut Lorenzo, pada beberapa pengereman terlihat cedera yang dialami Marquez masih membebaninya. Sehingga, itu semua membuat dirinya masih belum meraih kemenangan, meski dengan motor terbaik sekalipun.

"Mungkinkah dia akan meraih kemenangan dengan motor 2024? Apakah mungkin dia akan memimpin kejuaraan dunia? Saya tidak tahu," ujarnya.

 

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Jerman 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Jerman 2024

Pada 2019, sebelum cedera, menurut Lorenzo, Marquez sebenarnya memiliki level di atas pebalap lainnya, baik secara gelar, teknik, dan fisik.

Saat Marquez pindah ke Ducati, banyak orang yakin Marquez bisa menjadi juara dunia. Bahkan, dia sempat diprediksi juga bisa menyapu bersih kemenangan setiap serinya.

 

Marc MarquezTwitter.com/marcmarquez93 Marc Marquez

"Bahkan saya mengatakan bahwa dia akan memenangkan kejuaraan. Bahwa dia tidak akan menyapu bersih, tetapi dia akan memenangkan kejuaraan. Sejauh ini dia masih belum meraih kemenangan. Dia berjuang untuk meraih kemenangan, dia meraih podium, tapi dia belum menang, dan dia adalah Marc Marquez," kata Lorenzo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau