Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Mobil Pertama Aston Martin yang Hilang Sampai Saat Ini

Kompas.com - 25/08/2024, 13:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Carscoops

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan mobil asal Inggris, Aston Martin merupakan merek mobil legendaris yang sudah berdiri sejak 1913.

Dilansir dari Carscoops, menariknya, jika merek lain menyimpan mobil pertama sebagai tonggak sejarah perusahaan, Aston Martin tak punya dan justru sedang mencari jejak mobil pertamanya.

Baca juga: Tunggakan Pajak Kendaraan Akan Dikirim Lewat Pesan WhatsApp

Mobil pertama Astin Martin dibuat pada tahun 1914 oleh tim kecil yang dipimpin oleh Lionel Martin dan Robert Bamford, yaitu dua orang pendiri Aston Martin.

Aston Martin V8 di film James Bond berjudul The Living DaylightDok. Carscoops.com Aston Martin V8 di film James Bond berjudul The Living Daylight

Mobil tersebut dijuluki "Coal Scuttle" dan dianggap sebagai pesaing Bugatti. Mobil ini didaftarkan dengan merek Aston Martin pada tahun 1915, meski pada dasarnya lebih merupakan prototipe daripada mobil produksi masal.

Pengembangan Coal Scuttle terhenti karena Perang Dunia 1 yang berlangsung 1914-1918. Usai perang, Aston Martin kemudian mulai melanjutkan proyek mobil tersebut hingga pada awal 1920’an ikut ajang balap mobil.

Namun karena banyaknya pengembangan tersebut mobil jadi mengalami perubahan yang tak terhitung jumlahnya termasuk ubahan atau modifikasi di bagian eksterior.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Pembuatan SIM Pakai NIK KTP

 

Mobil Aston Martin pertamaFoto: Carscoops Mobil Aston Martin pertama

Untuk diketahui, pada awal 1920 mobil pertama Aston Martin tersebut mengikuti sejumlah balapan di Brooklands, dan dikendarai di seluruh Inggris Raya sampai ke Skotlandia sebagai bagian uji coba.

Meskipun memiliki nilai sejarah, Aston Martin kemudian menjual mobil tersebut seharga 50 poundsterling pada tahun 1924 atau setara Rp 1 jutaan jika pakai kurs mata uang saat ini.

Pada tahun itu jumlah tersebut sangat besar. Sayangnya catatan siapa pembelinya dan ke mana mobil tersebut usai pindah tangan kemudian menghilang.

Baca juga: Tilang Poin Akan Diberlakukan, Ini Daftar Pelanggarannya

Aston Martin V8 di film James Bond berjudul The Living DaylightDok. Carscoops.com Aston Martin V8 di film James Bond berjudul The Living Daylight

Pihak Aston martin kini disebut terus mencari jejak mobil pertama tersebut. Namun pencarian makin sulit sebab saat itu Coal Scuttle tidak memakai emblem khusus yang dipakai di mobil-mobil Aston Martin saat ini.

Namun pihak Aston martin percaya bahwa mobil tersebut masih ada dan tidak berakhir di "besi tua.” Alasannya saat dijual mobil itu berstatus mobil yang pernah dipakai balap dan harganya mahal.

Kebiasan orang ialah menyimpan mobil bekas balap karena bisa jadi memorabilia. Apalagi harganya mahal yang membuatnya kemungkinan jadi barang kolektor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau