Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulasan Lengkap Honda All New BeAT Street, Desain sampai Biaya Kepemilikan

Kompas.com - 15/08/2024, 13:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Skutik paling laku dari Honda yakni BeAT kini dapat sentuhan baru. Apalagi buat varian Street, ubahannya cukup signifikan, terutama di bagian Kaki-kaki yang sekarang pakai pelek 12 inci.

Pada tulisan ini, diisi hasil pengujian Kompas.com terhadap BeAT Street terbaru. Bagian yang dibahas meliputi desain, spesifikasi dan fitur, rasa berkendara, sampai biaya kepemilikan.

Baca juga: Biaya Kepemilikan Honda All New BeAT Street Setahun, Cuma Rp 7.000-an Sehari


Desain All New BeAT Street

Secara keseluruhan, BeAT Street masih membawa siluet dari yang lama, agresif dan ringkas. Setang model telanjang yang lebar masih dipertahankan, tapi perbedaan paling besar ada di kaki-kakinya.

BeAT Street kini menggunakan pelek depan dan belakang ukuran 12 inci, seperti di Genio, Scoopy, dan Stylo, beda di desain saja dengan warna bronze. Selain itu, ukuran bannya pun lebih lebar dari BeAT varian lain (CBS dan Deluxe).

Secara bodi, memang kelihatan mirip dengan yang lama. Tapi ubahannya cukup banyak, seperti di model lampu depan dan belakang baru, serta panel bodi yang desainnya dibikin lebih dinamis.

Baca juga: BBM yang Tercampur Air Bisa Bikin Mesin Mobil Bermasalah

Honda BeAT StreetKOMPAS.com/ADITYO Honda BeAT Street

Lalu ada ubahan desain dek yang diklaim lebih maju, sehingga menambah ruang kaki. Laci terbuka juga dibikin lebih dalam serta kini ada power outlet buat mengisi daya telepon genggam. 

Spesifikasi dan Fitur All New BeAT Street

Secara spesifikasi, BeAT Street yang kini harganya jadi Rp 19 jutaan tidak berbeda jauh dengan yang lama. Misal dari dimensi, punya panjang 1.868mm, lebar 745mm, dan tinggi 1.058mm, tinggi tempat duduk ke tanah 742mm, masih pas buat postur orang Indonesia yang tingginya sekitar 155cm sampai 170cm.

Kemudian di sektor dapur pacu, masih sama 110cc cuma dioptimalisasi jadi lebih ringan. Tenaga yang dihasilkan 6,6 kW atau setara 8.85 TK di 7.500 RPM dan torsi 9,2 Nm di 5.500 RPM, mesin diklaim lebih ringan sekitar satu Kilogram berkat tidak lagi pakai kick starter.

Honda BeAT StreetKOMPAS.com/ADITYO Honda BeAT Street

Secara spesifikasi kaki-kaki, BeAT Street terbaru kini pakai ban ukuran 100/90 di depan dan 110/90 di belakang. Soal suspensi, di depan masih teleskopik dan belakang model shockbreaker tunggal, dipasang di sisi kiri.

Pada bagian pengereman, BeAT Street memakai cakram di depan dan tromol di belakang. Sudah dilengkapi juga dengan combi brake system (CBS) yang mengombinasikan rem depan dan belakang saat salah satu tuas ditarik.

BeAT Street terbaru juga mendapatkan tambahan fitur yang bikin motornya lebih aman dan fungsional. Walau masih memakai anak kunci, kini secara standar sudah dilengkapi dengan alarm.

Honda BeAT StreetKOMPAS.com/ADITYO Honda BeAT Street

Fitur baru lain yang ada di BeAT Street adalah power outlet. Dulu colokan buat mengecas telepon pintar tersebut cuma ada di varian BeAT paling tinggi, tapi sekarang sudah ada di semua model, dari CBS, Street, dan Deluxe.

Model colokannya masih butuh adaptor USB, dan sangat fungsional buat para pengguna. Posisinya ada di dek, jadi HP bisa dicas dan disimpan di laci terbuka atau di tas yang digantung di sangkutan.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau