Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Kaprah Pakai Sarung Motor, Awas Malah Bikin Bodi Berjamur

Kompas.com - 14/08/2024, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sarung motor kerap dicari para pemilik kendaraan yang niatnya mau menjaga kualitas bodi motornya. Tapi, ada salah kaprah mengenai penggunaan sarung tersebut terutama buat motor yang kerap terparkir di luar.

Sarung memang bisa mencegah motor kena cahaya matahari atau hujan secara langsung. Cuma sebelum menggunakannya, ada baiknya mencari model sarung yang tepat.

Junistian Farhan, pemilik bengkel cat Square Project di Jagakarsa, Jakarta Selatan, menjelaskan, saat sarung motor kehujanan, bahannya bisa menempel ke bodi dan itu bisa menyebabkan jamur.

Baca juga: Kenali Tanda Motor Bekas yang Terawat dengan Baik

Ilustrasi sarung penutup motor alias cover motor. Sangat bermanfaat melindungi motor listrik dari bahaya karatFreepik Ilustrasi sarung penutup motor alias cover motor. Sangat bermanfaat melindungi motor listrik dari bahaya karat

"Awalnya basah, lembab. Lalu kering, otomatis yang tadi mengeras. Jadi saat sarung dicabut, bisa melukai cat kendaraan," kata Junis kepada Kompas.com belum lama ini.

Makanya kalau dilihat, walau motor sudah ditutup pakai sarung, malah bisa menyebabkan jamur di bodi. Jika sudah berjamur, tentu lama-lama cat jadi kusam.

Baca juga: Kebiasaan Buruk yang Membuat Head Unit Mobil Cepat Rusak

 

"Lebih baik setelah kena hujan, sarung itu langsung dibuka. Jangan sampai tunggu air mengendap, itu sudah pasti jadi jamur," kata Junis.

Kalau tetap cari sarung motor, perhatikan juga bahannya. Usahakan pakai yang tidak mudah rembes jadi saat kehujanan, sarungnya tidak langsung menempel atau jiplak ke bodi motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau