Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Agar Penumpang Tidak Tertinggal Bus AKAP

Kompas.com - 03/08/2024, 11:42 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Perusahaan Otobus (PO) dewasa ini banyak berbenah memperbaiki kualitas layanan antar kota antar provinsi (AKAP). 

Selain memperbaiki kenyamanan serta keamanan penumpang, mereka juga turut membenahi ketepatan waktu keberangkatan di terminal.

Waktu keberangkatan bus AKAP kini lebih pasti dengan batas keberangkatan tertulis di dalam tiket. Sehingga, penumpang tidak akan dirugikan dengan waktu perjalanan yang molor karena menunggu penumpang lain.

Baca juga: PO Gunung Harta Rilis Bus Tingkat Baru, Layani Trayek Malang - Bandung


Konsekuensinya, setiap penumpang harus datang tepat waktu di terminal sebelum jam keberangkatan agar tidak tertinggal bus.

Ajis, Sopir Bus Unicorn Indorent, mengatakan, untuk meminimalisasi risiko ditinggal bus, penumpang bisa mengatur rencana perjalanan dengan matang.

“Pertama, pilih terminal keberangkatan yang paling dekat dengan lokasi penginapan atau rumah, sehingga risiko terjebak macet di jalan menuju terminal menjadi lebih kecil,” ucap Ajis kepada Kompas.com, Senin (22/7/2024).

Baca juga: Bocoran Calon Bus Baru PO Bintang Utara, Pakai Sasis Tronton

Bus Double Decker PO GHTSInstagram @adiputro_official Bus Double Decker PO GHTS

Ajis mengatakan terkadang perkiraan waktu perjalanan menjadi sangat tidak menentu bila terjebak macet. Semakin jauh jaraknya maka semakin besar risikonya.

“Pahami hari-hari atau jam tertentu yang biasa terjadi macet, sehingga penumpang perlu menyediakan waktu cadangan lebih,” ucap Ajis.

Ajis juga mengatakan perusahaan atau agen tiket bus pasti akan meminta penumpang datang ke terminal keberangkatan 30 menit sebelum waktunya.

Baca juga: Bus Tingkat Baru Milik PO Mtrans, Layani Trayek Malang- Denpasar

Bus baru PO Rosalia IndahRosalia Indah Bus baru PO Rosalia Indah

“Cadangan waktu tersebut untuk mengantisipasi risiko keterlambatan, karena sudah menjadi aturan bahwa kami harus mentaati jam keberangkatan bus, bila lewat maka akan ditinggal dengan melakukan konfirmasi,” ucap Ajis.

Ajis juga mengatakan bus dengan waktu keberangkatan pasti bisa menjadi pilihan karena akan mempermudah penumpang dalam menyus

un jadwal perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau