Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kencan Singkat dengan Alva Cervo Q, Motor Listrik Seharga Rp 49,5 Juta

Kompas.com - 30/07/2024, 18:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Di GIIAS 2024, merek motor listrik Alva memperkenalkan dua varian baru dari tipe motor listrik Alva Cervo. Kompas.com berkesempatan menjajal model terbaru ini di arena test ride yang terletak di sekitar Hall 11 ICE BSD City beberapa waktu lalu.

Varian pertama adalah Cervo Boost Charge, sesuai namanya, perbedaan utama dibanding Cervo biasa adalah baterainya sudah tipe boost charge. Model kedua yang diperkenalkan adalah Cervo Q, yang merupakan varian termewah dari Cervo.

Ada enam ubahan mendasar yang dialami Cervo sehingga menjadi Cervo Q. Perubahan pertama tentu baterainya juga sudah pakai tipe boost charge.

Baca juga: Lexus LM Jadi MPV Terfavorit di GIIAS 2024

Test ride motor listrik Alva Cervo Q-ABSKOMPAS.com/GILANG SATRIA Test ride motor listrik Alva Cervo Q-ABS

Ubahan kedua di area rem, untuk Cervo Q sudah dilengkapi dengan ABS 2 channel. Yang ketiga suspensi belakang, dengan tampilan per warna kuning dan diklaim jadi lebih nyaman.

Perubahan keempat spidometernya kini pakai layar digital TFT terbaru yang lebih jernih. Perbedaan terakhir ada di bagian pelek, desainnya baru tampak lebih sporty dan dual tone.

Ubahan terakhir dari sisi harga, di mana Cervo Q-ABS sudah menembus Rp 49,5 juta (OTR Jabodetabek). Sementara Cervo Boost Charge dibanderol Rp 45,5 juta.

Baca juga: Rasio Kepemilikan Sepeda Motor Orang Indonesia, 1 Motor buat 4 Orang

Sedangkan Cervo reguler ditawarkan Rp 42,750 juta. Adapun untuk Alva One XP sekitar Rp 38,5 juta dan Alva One jadi yang termurah, yaitu Rp 36,490 juta.

Namun demikian, selain ubahan yang mendasar tadi, Cervo Q-ABS juga perbedaan dibandingkan varian lainnya. Pertama terlihat dari saklar sebelah kanan, di mana terdapat tombol starter mencolok warna biru.

Kemudian, spidometer juga banyak yang baru. Di mana terdapat takometer dan spidometer di sebelah kiri. Lalu terdapat informasi mengenai rem regeneratif. Tak ketinggalan terdapat indikator rem ABS, jam digital, dan lainnya.

Baca juga: PO 27 Trans Rilis 2 Bus Tingkat Baru, Pakai Sasis Volvo

Test ride motor listrik Alva Cervo Q-ABSKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test ride motor listrik Alva Cervo Q-ABS

Secara impresi berkendara, motor ini pada dasarnya masih sama dengan Alva Cervo reguler. Dari sisi handling dan kenyamanan harusnya motor ini mendapat peningkatan, namun karena area pengetesan yang terbatas, kami tidak bisa merasakan lebih detail.

Satu hal yang bisa diungkap, motor ini cukup lincah buat perkotaan. Meski ukurannya terbilang bongsor seperti Yamaha Nmax ataupun Honda PCX.

Berdasarkan spesifikasi di atas kertas, motor ini masih mengusung tipe penggerak Mid Drive bertenaga 9,8 kW atau setara 13,1 Tk dan torsi maksimal 53,5 Nm.

Baca juga: Tabrakan Beruntun di Lajur Kanan Tol Dalam Kota, Ingat Jurus 3 Detik

Test ride motor listrik Alva Cervo Q-ABSKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test ride motor listrik Alva Cervo Q-ABS

Respon tenaganya cukup halus dan linear, hampir mendekati penyaluran tenaga pada motor mesin bakar internal.

Namun memang rasa torsi instan dan kehalusan berkendaranya patut diacungi jempol karena melaju tanpa suara.

Lalu fitur rem ABS, juga bisa bekerja dengan baik. Di mana saat melakukan panic brake, fitur ini memberikan getaran di tuas rem, sebagai tanda aktif.

Kemudian, busa jok motor juga terbilang empuk dan nyaman. Tampaknya bakal lebih betah berkendara harian dengan Cervo Q-ABS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau