Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Targetkan 100 SPBU Pertamax Green 95 di 2024

Kompas.com - 11/07/2024, 18:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain akan membatasi pembelian BBM subsidi, pemerintah juga mendorong penggunaan bahan bakar ramah lingkungan, seperti Pertamax Green 95. Pertamina Patra Niaga menyebutkan akan ada 100 SPBU di tahun ini yang menyediakan bahan bakar tersebut.

Untuk diketahui, Pertamax Green 95 merupakan hasil pencampuran antara Pertamax dengan RON 92 dengan etanol sebanyak 5 persen (E5). Sehingga, dihasilkanlah bahan bakar bioetanol yang diklaim memiliki emisi yang lebih rendah.

Baca juga: Jakarta Konsumsi 5.000 Liter Pertamax Green 95 Per Hari

"Kita kan sekarang berencana mau mendorong segera bioetanol masuk menggantikan bensin, supaya polusi udara ini juga bisa dikurangi cepat," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, pada unggahannya di Instagram pribadnya, belum lama ini.

Pertamax Green 95 mulai tersedia di beberapa SPBU PertaminaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Pertamax Green 95 mulai tersedia di beberapa SPBU Pertamina

Luhut menambahkan, kandungan sulfur dari bensin bisa mencapai 500 ppm. Sementara bioetanol, jauh lebih rendah kandungan sulfurnya, yakni 50 ppm. Kondisi sulfur yang tinggi tentunya akan mempengaruhi kualitas udara dan berdampak pada kesehatan manusia.

Pada laman Mypertamina.id, Kamis (11/7/2024), disebutkan bahwa proyeksi penjualan Pertamax Green 95 saat ini untuk Pulau Jawa diperkirakan sekitar 96.000 kiloliter per tahun. Sedangkan untuk kebutuhan ethanolnya sekitar 5.000 kiloliter per tahun.

Baca juga: Pertamax Green 95 Akan Tersedia di Jawa Tengah Mulai Tahun Ini

Heppy Wulansari, Manager Media and Stakeholder Management PT Pertamina Patra Niaga, mengatakan, rerata penjualannya masih relatif kecil. Namun, terus bertumbuh, termasuk jumlah outlet-nya juga terus bertambah.

Pertamax Green 95 mulai tersedia di beberapa SPBU PertaminaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Pertamax Green 95 mulai tersedia di beberapa SPBU Pertamina

"Di saat awal peluncuran pada tahun 2023 lalu, baru ada 17 SPBU yang menjual Pertamax Green 95. Sekarang telah mencapai 90 outlet tersebar di Jabodetabek, Banten, dan Surabaya," ujar Heppy, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (11/7/2024).

"Animo pengusaha dan konsumen cukup positif, sehingga kami optimis proyeksi penjualan tahunan yang ditargetkan dapat tercapai. Target SPBU yang menjual Pertamax Green untuk tahun ini sebanyak 100 SPBU," kata Heppy.

Untuk di wilayah Jabodetabek, tercatat baru ada 17 SPBU yang menyediakan Pertamax Green 95. Bahan bakar tersebut saat ini dipasarkan Rp 13.900 per liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau