Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tamiya Dash Emperor Bikinan Warga Bandung Bisa Dikendarai

Kompas.com - 24/06/2024, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak-anak di era 1990an pasti tidak asing dengan anime "Dash! Yonkuro". Serial ini menceritakan tentang bocah laki-laki yang menjadi pebalap dengan tim Mini 4WD.

Serial televisi itulah yang membuat mobil Mini 4WD atau yang biasa disebut Tamiya digemari hingga saat ini baik anak-anak maupun dewasa.

Moch Yanuar Anugrah menjadi salah satu pria yang demam Mini 4WD. Pria asal Bandung i!ni mengaku begitu menggemari Tamiya sejak kecil, hingga memiliki imajinasi untuk membuat Tamiya yang bisa dikendarai.

Baca juga: PO Kencana Siap Luncurkan Shuttle Khusus Wanita, Gambar Barbie

Sampai akhirnya Yanuar berhasil membuat Tamiya dengan desain semirip mungkin dengan yang ada di film anime asal Jepang itu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by RETROACTIVE (@retroactive_)

“Awal mula dari hobi sejak kecil yang sangat dicintai, dan selalu berimajinasi sepertinya kalau bisa kendarai akan lebih asyik. Akhirnya saya kumpulkan tim untuk membangun konsep Tamiya real yang bisa dikendarai, walaupun memang masih banyak plus minus,” ucap Yanuar, kepada Kompas.com, Minggu (23/6/2024).

Tamiya yang dibuat oleh Yanuar menggunakan basis mesin listrik berkapasitas 800 watt, serta bisa melaju dengan kecepatan maksimal 50 Km per jam.

“Basis mesinnya menggunakan mesin listrik 800 watt. Untuk bodi dan rangka semua custom. Body menggunakan bahan aluminum composite panel, biar tahan karat. Desainnya disesuaikan dengan model kit asli, agar konsep Tamiya nya benar-benar terlihat,” kata pria berusia 39 tahun itu.

Tamiya Dash EmperorDok Moch Yanuar Anugrah Tamiya Dash Emperor

Yanuar mengaku membuat Tamiya Dash Emperor ini selama tiga bulan dengan biaya sekitar Rp 85 juta sampai Rp 90 jutaan.

Baca juga: Demi Keselamatan Mobil Lain, Truk Wajib Pakai Bumper Belakang

“Ini tidak diperjualbelikan, tetapi kalau ada yang mau bikin saya bisa bantu. Untuk biaya mungkin lumayan sekitar Rp 85 juta sampai Rp 90 jutaan,” ucap Yanuar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com