Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Ketebalan Kampas Kopling Mobil Manual Tanpa Dibongkar

Kompas.com - 11/06/2024, 19:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Kampas kopling bisa diperiksa ketika konsumen hendak membeli mobil bekas yakni dengan memainkan pedal kopling tanpa melajukan mobil.

Dengan memahami konstruksi serta prinsip kerja kopling maka pengetesan sederhana tersebut dapat menggambarkan ketebalan kampas kopling tanpa harus membongkarnya.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan ketebalan kampas kopling pada mobil manual bisa diterawang saat hendak memilih mobil bekas.

Baca juga: Bolehkah Pindahkan Tuas Transmisi Manual Tanpa Injak Kopling?


“Caranya dengan mengaktifkan rem parkir, pedal rem diinjak saat mesin hidup, coba masukkan persneling ke gigi 1 dengan menginjak pedal kopling terlebih dulu, selanjutnya pedal kopling diangkat setengah pelan-pelan,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Senin (10/6/2024).

Hardi mengatakan ketika setengah kopling sudah terasa ada hentakan, artinya saat itu kampas kopling sudah setengah terjepit oleh pegas diafragma.

“Semakin diangkat pedal koplingnya, maka mesin akan semakin terasa akan mati, ini menandakan kampas kopling masih tebal, tapi bila tidak terjadi gejolak maka kampas sudah mulai tipis,” ucap Hardi.

Baca juga: Ini Penyebab Bunyi Dengung di Transmisi Mobil Manual

Ruang pedal transmisi Mazda MX-5 RF MTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Ruang pedal transmisi Mazda MX-5 RF MT

Hardi mengatakan kondisi tersebut sama halnya dengan kondisi mobil dihadapkan sama tanjakan. Bila kampas kopling sudah tipis maka putaran mesin akan tinggi ketika pedal gas diinjak tapi mobil tak mau melaju.

“Artinya saat itu terjadi selip di kampas kopling, sehingga meski pedal kopling sudah dilepas, rasanya seperti masih setengah kopling karena kondisinya kampas sudah habis atau tipis, dibuat menanjak akan sangat sulit,” ucap Hardi.

Nah, itu tadi cara mengetahui ketebalan kampas kopling tanpa harus membongkarnya sehingga bisa membantu konsumen saat memilih mobil bekas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com