Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Kia EV3 Dijual di Indonesia?

Kompas.com - 30/05/2024, 09:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini Kia meluncurkan mobil listrik terbaru, yakni EV3, secara global. Sport utility vehicle (SUV) ringkas listrik ini kabarnya akan segera dijual pertama kali untuk pasar Korea Selatan pada Juli 2024, dilanjutkan dengan Eropa dan Asia.

Secara tampilan, EV3 memiliki desain yang futuristis dan modern khas mobil listrik masa kini. Lampu depan dibuat mengotak dengan dihiasi Daytime Running Light (DRL) yang serupa dengan EV9.

Sementara bagian interior tampak minimalis dengan minimnya tombol dan layar ganda. Bagian setir dan jok dibuat futuristis layaknya mobil masa depan.

Baca juga: Pertamina Enduro VR46 Yakin Naik Podium di MotoGP Italia 2024

Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA) Ario Soerjo mengatakan, usai meluncur secara global, pihaknya berharap bisa meluncurkan EV3 di Indonesia pada 2025 mendatang.

“Mudah-mudahan kalau bisa tahun depan, kita mau secepatnya. Apalagi kalau harganya menarik tidak berbeda jauh dari Tirai Bambu (China) atau sesama saudaranya, karena kan itu benar SUV,” kata Ario, saat ditemui di Jakarta Selatan, Rabu (29/5/2025).

Kia EV3Kia Kia EV3

Ario melanjutkan, mobil listrik terbaru dari Kia ini diperkirakan akan dibanderol sekitar Rp 500 jutaan.

"Harga resmi belum ada, tapi perkiraan sudah ada, kalau tidak salah 20.000 USD atau Rp 500 jutaan,” ujar Ario.

Sebagai informasi, EV3 didukung oleh platform E-GMP yang familiar dari Hyundai Motor Group. Model EV3 Standard menawarkan baterai berkapasitas 58,3kWh, sedangkan EV3 Long Range dilengkapi dengan baterai 81,4kWh. Kedua model ini menggunakan motor listrik 150 kW dengan torsi 283 Nm.

Baca juga: Kronologi Pengemudi Mini Cooper Kehilangan Akses Masuk Mobil

Dengan tenaga tersebut memungkinkan akselerasi 0-100km per jam dengan waktu 7,5 detik. Kecepatan maksimum EV3 adalah 170 km per jam.

Sedangkan untuk pengisian daya kendaraan, Kia mengklaim mobil ini hanya membutuhkan waktu sekitar 31 menit untuk mengisi baterai dari 10-80 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com