Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benda Darkflag, Motor Cruiser Baru Pakai Mesin V4 500cc

Kompas.com - 24/05/2024, 14:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Benda, merek motor asal China lagi-lagi meluncurkan motor cruiser dengan konfigurasi mesin unik, 500cc V4. Motor tersebut diberi nama Darkflag dan dikabarkan akan diboyong ke Indonesia.

Benda memang punya susunan mesin yang unik. Kalau di Indonesia, ada Benda V252C, motor cruiser 250cc dua silinder V atau V-twin. Kalau Darkflag jadi masuk Indonesia, makin beragam model yang dimiliki Benda.

Dikutip dari Great Biker, performa mesin V4 di Darkflag menghasilkan tenaga 55 TK di 10.000 RPM dan torsi 52 Nm di 7.000 RPM. Kalau dilihat di atas kertas, motornya senang di gas, berada di putaran mesin yang tinggi.

Baca juga: Benda Luncurkan LFC 700, Motor Cruiser Empat Silinder dengan Ban Tebal

Benda Darkflag, motor cruiser dengan mesin 500cc V4GREATBIKER Benda Darkflag, motor cruiser dengan mesin 500cc V4

Hal yang harus diperhatikan, Darkflag akan punya bobot sekitar 262 Kg, sangat berat buat motor sekelasnya. Sebut saja Honda Rebel, 500cc dua silinder bobotnya cuma 187,7 Kg, jomplang bedanya.

Memang, namanya motor cruiser lebih cocok dibawa di jalanan yang tidak banyak tikungan. Jadi bobot lebih dari 260 Kg tadi bisa dibawa dengan mudah saat motor mulai berjalan.

Soal fitur, Darkflag dibekali transmisi enam percepatan yang disalurkan lewat sabuk atau belt. Klaster instrumennya akan berbentuk bulat, gabungan jarum dan layar LCD yang kecil penuh informasi.

Baca juga: Neta Buatan Bekasi Belum Lirik Pasar Ekspor

Semua bagian lampu sudah LED, sistem pengereman juga sudah ABS dual-channel. Tersedia juga kontrol traksi dengan dua tingkatan yang bisa dipilih saat berkendara.

Kompas.com sempat mengobrol dengan Presiden Direktur Benelli Motor Indonesia Steven Kentjana Putra belum lama ini. Dia bilang memang mau fokus kembangkan merek Benda di Indonesia, melihat respons yang baik buat V252C.

"Nanti akan ada Darkflag, 500cc V4. Begitu juga Napoleon," ucapnya kepada Kompas.com.

Soal waktunya, Steven bilang dalam waktu dekat. Kemungkinan akan ditampilkan saat Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang berlangsung Juni nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com