Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cocok untuk Pencinta Wibu, Modifikasi Toyota Mark X Bergaya Itasha

Kompas.com - 21/05/2024, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini banyak ada beragam konsep yang bisa dijadikan acuan dalam modifikasi mobil. Mulai dari racing look, stance, off-road, JDM, dan masih banyak lagi.

Ada salah satu modifikasi yang tidak biasa dan cukup menarik untuk dibahas yaitu konsep Itasha.

Itasha merupakan gaya modifikasi dengan cara melukis atau menghias bodi kendaraan dengan berbagai karakter anime, video games hingga manga.

Tak heran bila mobil dengan konsep Itasha tampil meriah dan begitu menarik perhatian.

Baca juga: Uji KIR Bus Harus Diimbangi Servis di Bengkel Pribadi PO

Seperti contoh modifikasi Itasha yang dilakukan oleh Dillon, dengan mobil Toyota Mark X lansiran 2012. Pria yang menggemari kultur Jepang ini mengaku memang punya keinginan untuk memodifikasi mobil impiannya dengan konsep Itasha.

Toyota Mark X konsep Itasha Dok pribadi Dillon Toyota Mark X konsep Itasha

“Toyota Mark X dari dulu sudah jadi mobil impian saya. Sedan JDM, penggerak roda belakang dan konfigurasi V6. Saya pun penggemar kultur Jepang dan memang sudah direncanakan untuk di stiker,” kata Dillon.

Dillon memutuskan untuk menaruh karakter bernama Kobo Kanaeru di Mark X miliknya. Kobo sendiri merupakan seorang Virtual Youtuber (V-Tuber) dari Indonesia dan merupakan bagian dari talenta di agensi Hololive.

“Saya sangat menyukai personality dan desain karakter dia, makanya saya memutuskan untuk mendedikasikan Mark X ini untuknya. Melakukan ini sudah menjadi mimpi saya dari cukup lama. Memiliki sedan JDM dan memberikan nuansa Itasha dengan idola favorit saya,” kata Dillon.

Modifikasi mobil yang dilakukan Dillon cukup banyak, mulai dari eksterior, suspensi, pelek, ban, interior, knalpot hingga interior.

Toyota Mark X konsep Itasha Dok pribadi Dillon Toyota Mark X konsep Itasha

Pada bagian eksterior, pria berusia 27 tahun ini mengubah tampilan Mark X standar menjadi versi 250RDS Facelift dilengkapi dengan Original Toyota Part Number Lip Spoiler for Mark X, Full Body Itasha by BBA serta Toyota Rose Gold Part Number License Plate Frame Front & Rear.

Sementara untuk bagian kaki-kaki, Dillon menyematkan ISC Coilover by Stancelab, Brembo 6 Piston Calipers & 355mm Discs, Original Work Emotion Racing Lugnuts (Blue), Cusco Rear Sway Anti Roll Bar, Cusco Rear Strut Brace Tower.

Kemudian untuk pelek menggunakan Advan GT Beyond Racing White R18 9.5 width & 29 offset yang dibalut dengan ban Yokohama Advan Neova AD09 265/35 R18.

Berlanjut ke bagian interior menggunakan jok Recaro Sportster Cross CS, serta disematkan beberapa part original Toyota misal pada Shift Knob, Paddle Shift set, Foot Pedal, dan Start Stop Button.

Toyota Mark X konsep Itasha Dok pribadi Dillon Toyota Mark X konsep Itasha

“Audio masih standar hanya ganti head unit Kenwood untuk bluetooth, Apple Carplay dan Android Auto. Mesin juga masih standar pabrik, hanya ganti filter saja,” kata Dillon.

Untuk memodifikasi mobil ini, Dillon membutuhkan waktu kurang lebih dua tahun dengan biaya sekitar Rp 380 juta.

Baca juga: Punya Potensi, Chery Resmikan Diler Baru di Padalarang

Konsep Itasha seperti ini memang tidak banyak dilirik di Tanah Air lantaran dinilai terlalu berani. Namun Dillon berharap modifikasi seperti ini bisa lebih mainstream dan diterima di Indonesia.

“Harapan saya semoga culture ini bisa lebih diterima oleh kalangan lebih luas dan bisa lebih mainstream di Indonesia. Karena di Amerika dan Jepang Itasha sudah terkenal, saya ingin coba push itu juga di Indonesia,” kata Dillon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com