Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lamborghini Huracan STJ Cuma 10 Unit, Salam Perpisahan Mesin V10

Kompas.com - 11/04/2024, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lamborghini menyiapkan produk terbatas sebelum mengucapkan selamat tinggal untuk Huracan dengan mesin V10. Nantinya, pengganti Huracan dengan mesin hybrid sedang disiapkan rilis tahun ini.

Oleh karena itu, Lamborghini merilis Huracan STJ dan cuma ada 10 unit. Huracan STJ atau Super Trofeo Jota merupakan versi pengembangan dari Huracan STO, lebih kencang dengan performa yang tidak berbeda jauh.

Baca juga: Sejarah Berdirinya Lamborghini

 

Lamborghini Huracan STJCARSCOOPS Lamborghini Huracan STJ

Dikutip dari Carscoops, Huracan STJ bisa dibilang unik karena penamaan Jota cuma dipakai di versi mobil paling tinggi, contoh Miura dan Aventador (versi SVJ). Tapi karena sebagai perpisahan, nama legendaris ini dipasang di Huracan.

Soal model, Huracan STJ sebenarnya tidak beda jauh dengan STO. Cuma bagian balap dari Lamborghini memberi racikan baru yang meningkatkan aerodinamika, seperti canard dari serat karbon di depan dan spoiler belakang dengan sudut yang berbeda.

Baca juga: Masih Berpotensi Hujan, Jangan Abaikan Jarak Aman Berkendara

 

Ubahan tadi memang kelihatannya sedikit, cuma klaim dari Lamborghini ada kenaikan downforce sekitar 10 persen. Lalu ada setelan baru di bagian suspensi, mengganti model active shocks yang ada di STO, jadi bisa disetel sendiri secara manual.

Sisanya terlihat tidak berbeda jauh antara STJ dengan STO. Pada bagian mesin tetap sama, V10 yang menghasilkan tenaga 631 TK. Cuma penggunaan ban Bridgestone Potenza baru ditambah dengan racikan aerodinamika dan suspensi membuat STJ lebih kencang di trek dari STO.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com