Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar dari Video Avanza Disetut Polisi, Cek Kondisi Mobil Sebelum Mudik

Kompas.com - 09/04/2024, 09:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video viral unggahan akun resmi @korlantaspolri.ntmc di instagram, menunjukkan aksi anggota Kepolisian menyetut, alias mendorong mobil Toyota Avanza milik pemudik yang mogok di jalan tol area Subang, Jawa Barat.

Terlihat dalam video, anggota Kepolisian mendorong mobil dengan menggunakan satu kaki sembari naik sepeda motor di bahu jalan, sembari menghindari kendaraan lain yang melintas di jalan utama.

Kepolisian sudah mengkonfirmasi jika perilaku menyetut kendaraan pemudik yang mogok dianggap sebagai diskresi alias diperbolehkan. Kejadian ini juga diharapkan bisa menjadi pelajaran bagi semua masyarakat.

Kabaminharwan Kamseltibcarlantas Ditlantas Polda Metro Jaya AKP Ukke Adhan Handriawan mengatakan, pemudik sebaiknya memastikan kondisi mobil sebelum berangkat.

Baca juga: Produsen Oli Ini Berangkatkan Mekanik Mudik Gratis

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh NTMC Korlantas Polri (@korlantaspolri.ntmc)

Menurut Ukke, kasus mobil pemudik yang mogok di jalan adalah peristiwa yang sudah cukup sering terjadi. Kondisi ini cukup disayangkan, karena tentu bisa menimbulkan kerepotan.

“Kalau mogok dekat dengan rest area masih syukur, bagaimana kalau mogoknya jauh dari rest area, di jalan tol sepi, dan kondisinya malam? Ini kan bisa repot sekali,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (8/4/2024).

Dia mengatakan, memastikan mobil dalam kondisi baik tidak hanya bermanfaat bagi pemudik, namun juga pengguna jalan lainnya. Perlu diingat, mobil mogok juga berpotensi menghambat arus lalu lintas.

“Harus disiplin ketika mau berangkat mudik. Selain barang-barang disiapkan, mobil juga harus diperiksakan, minimal layak jalan dan bebas kerusakan,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com