Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Mulai Berangkat, Jasa Marga Ingatkan Saldo Kartu Tol Jangan Kurang

Kompas.com - 05/04/2024, 17:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division mencatat volume lalu lintas di Ruas Tol wilayah Jabotabek dan Jawa Barat pada H-7 sampai H-6 Lebaran 2024 mulai meningkat.

Hal tersebut terbukti dari peningkatan transaksi di sejumlah gerbang tol utama selama 3-5 April 2024. Ini menandakan masyarakat mulai melakukan mudik jelang akhir pekan ini.

Oleh karenanya, dikatakan Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Panji Satria, diimbau kepada pemudik untuk memperhatikan saldo kartu tol-nya.

Baca juga: Ganjil Genap Mudik Berlaku Hari Ini, Pelanggar Kena Tilang Elektronik

Ilustrasi kemacetan di AmerikaAutoblog.com Ilustrasi kemacetan di Amerika

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan hanya menggunakan 1 e-toll yang sama untuk pembayaran di jalan tol dengan sistem transaksi tertutup seperti Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi," kata dia, Jumat (5/4/2024).

Lebih rinci, tercatat lalu lintas di Jabotabek selama periode dimaksud mencapai 209.608 kendaraan atau meningkat 7,60 persen dibandingkan volume lalu lintas normal, 194.810 kendaraan.

Baca juga: Mencoba Tol Cimanggis-Cibitung, Depok ke Tol Cikampek Hanya 15 Menit

Ilustrasi Jalan Tol Cengkareng ? Batu Ceper ? Kunciran (CBK)Dok. Jasa Marga Ilustrasi Jalan Tol Cengkareng ? Batu Ceper ? Kunciran (CBK)

Adapun persebarannya ialah sebagai berikut;

1. GT Cengkareng

Peningkatan volume lalu lintas transaksi di GT Cengkareng mencapai 5,2 persen atau sebanyak 154.456 kendaraan dari lalu lintas normal, yaitu sebanyak 146.778 kendaraan.

2. GT Benda Utama

Peningkatan volume lalu lintas transaksi juga terjadi di GT Benda Utama, sebesar 13.7 persen atau sebanyak 55.152 kendaraan dari volume lalu lintas transaksi normal sebanyak 48.032 kendaraan.

Sementara untuk lalu lintas menuju Bandung, Jawa Barat paling banyak terjadi di GT Cileunyi Jalan Tol Padaleunyi, dengan 65.619 kendaaan. Ini meningkat 19,87 persen dibanding lalu lintas normal.

Sedangkan volume dari arah sebaliknya, dari Bandung menuju Jakarta menuju Rancaekek atau Sumedang melalui GT Cileunyi tercatat 62.040 kendaraan atau meningkat 19,11 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com