Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dishub Jakarta Siapkan Terminal Utama dan Bantuan

Kompas.com - 02/04/2024, 10:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk melayani masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan empat terminal utama dan tiga terminal bantuan.

Terminal utama yang dimaksud adalah Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres, Terminal Tanjung Priok dan Terminal Terpadu Pulogebang.

Sedangkan untuk terminal bantuan, yaitu Terminal Muara Angke, Terminal Lebak Bulus dan Terminal Grogol.

Baca juga: Ganjil Genap Selama Arus Mudik-Balik Lebaran Berlaku 5 April 2024

Pool bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Rabu (23/8/2023). Simak daftar PO bus yang melayani trayek Jakarta-Blora lengkap dengan lokasi keberangkatan dan harga tiketnya.KOMPAS.com/GADING P Pool bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Rabu (23/8/2023). Simak daftar PO bus yang melayani trayek Jakarta-Blora lengkap dengan lokasi keberangkatan dan harga tiketnya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, kehadiran terminal bantuan menjadi penyangga terminal utama.

Hal ini dilakukan untuk mengurai penumpukan penumpang maupun bus-bus AKAP di terminal utama, sehingga tidak menimbulkan kemacetan atau kesemrawutan di satu lokasi.

“Misalnya, bus-bus yang harusnya melalui Terminal Kalideres tapi karena di sana penuh maka busnya dialihkan. Jika bus tetap memaksa masuk ke Kalideres akan terjadi antrean di luar itu maka mengakibatkan kemacetan di sepanjang ruas Jalan Daan Mogot,” ujar Syafrin, dalam keterangan tertulis, Senin (1/4/2024).

Baca juga: Honda Giorno Edisi Donald Duck, Cuma Dijual 2.000 Unit

“Maka kami sediakan terminal bantuan sehingga penumpang yang mudik bisa pulang ke kampung halaman, kita yang di sini tidak terjebak kemacetan karena menumpuknya bus di satu titik,” kata dia.

Ia menyampaikan, selain terminal, sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung di terminal utama maupun bantuan juga sudah disiapkan.

Antara lain, petugas penguji yang melaksanakan ramp check atau pemeriksaan inspeksi keselamatan setiap bus yang akan diberangkatkan.

Baca juga: Diskon SUV Jelang Lebaran, Pajero Sport Rp 45 Juta, Almaz Rp 50 Juta

Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara menjadi tempat pemberangkatan penumpang antar kota antar provinsi (AKAP). Pada Senin (12/12/2022) terminal masih tampak sepi menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. KOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara menjadi tempat pemberangkatan penumpang antar kota antar provinsi (AKAP). Pada Senin (12/12/2022) terminal masih tampak sepi menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Secara paralel dengan pengujian kendaraan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta juga menyiagakan petugas kesehatan untuk melakukan pemeriksaan serta tes bebas narkoba dan minuman keras/beralkohol.

“Diharapkan pada saat bus akan diberangkatkan semua dalam kondisi siap, bus laik jalan, persyaratan administrasi terpenuhi, sumber daya manusia yang mengemudikan juga memenuhi syarat kesehatan,” ucap Syafrin.

Ia menambahkan, Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah menyiapkan 2.250 bus AKAP dari 152 PO yang ada di Jakarta untuk melayani pemudik di masa angkutan Lebaran tahun ini.

Baca juga: Toyota Rush Facelift Resmi Meluncur, Harga Naik Rp 1,7 Juta

Suasana pemudik di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, jelang bulan Ramadhan, Minggu (10/3/2024).KOMPAS.com/XENA OLIVIA Suasana pemudik di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, jelang bulan Ramadhan, Minggu (10/3/2024).

Selain itu, sebanyak 150 bus cadangan juga disiagakan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

“Ketika penumpangnya melonjak kemudian bus reguler tidak mampu, maka bus cadangan akan didatangkan untuk memberangkatkan para penumpang,” kata Syafrin.

“Kami harapkan di terminal nantinya tidak ada jumlah penumpang yang menunggu itu melebihi 12 jam. Jika lebih dari 12 jam harus diberangkatkan bus bantuan,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com