Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Oto Journey 2024 Bersama Toyota Hybrid Dimulai

Kompas.com - 31/03/2024, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut momen mudik Lebaran 2024 hanya tinggal sesaat lagi, tim Otomotif Kompas.com menggelar perjalanan OTO Journey menelusuri Jalur Pantura dengan beragam rute.

Dari melintas sepanjang Tol Trans-Jawa sampai Surabaya, sampai bertolak ke beberapa kota seperti Solo, Yogyakarta, Magelang, Semarang, dan Cirebon via jalur arteri.

Menariknya, perjalanan tersebut akan dilalui bersama dua mobil Hybrid Electric Vehicle (HEV) dari Toyota, yakni All New Toyota Yaris Cross dan Kijang Innova Zenix.

Keduanya merupakan tipe tertinggi yang pastinya sudah dilengkapi teknologi dan ragam fitur lengkap.

Baca juga: Kemenhub Tambah Kuota Mudik Gratis, Pendaftaran Dibuka Hari Ini

 

Salah satunya Toyota Safety Sense (TSS) pada Yaris Cross Hybrid yang terdiri dari Cruise Control (ACC), Pre-collision Warning & Pre-collision Braking (PCWPCB), Automatic High Beam (AHB), Lane Departure Warning (LDP), dan lainnya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

Urusan tenaga juga tak perlu diragukan, karena di atas kertas mesin 2NR-VEX 1.500 cc yang digunakan memiliki tenaga sebesar 67 kW atau setara 89,81 tk dan torsi 121 Nm. Sementara untuk motor listrik sebesar 59 kW dan toris 141 Nm.

Sebagai mobil hybrid, tentunya Yaris Cross dan Innova Zenix juga punya kelebihan lain, yakni konsumsi bahan bakar yang ramah kantong alias irit. Efeknya, hal ini juga berimbas pada emisi gas buang yang jauh lebih ramah lingkungan.

Apalagi meskipun keduanya merupakan mobil hybrid, tapi Toyota menyematkan EV Mode yang memungkinkan pengendara melajukan mobil hanya dengan mengandalkan daya dari baterai tanpa butuh mesin bensin.

Baca juga: Tips Mudik Untuk Pengemudi Mobil dari Polisi, Pakai Rumus 4 : 1

Berangkat dari masalah efisiensi, redaksi juga mendapat misi yang menantang, yakni berkendara dari Jakarta menuju Surabaya tanpa melakukan pengisian bahan bakar menggunakan Yaris Cross Hybrid.

Test Drive Yaris Cross HybridKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive Yaris Cross Hybrid

Lalu apakah Yaris Cross Hybrid mampu menyelesaikan misi dan tantangan tersebut? kita tunggu hasil perjalanan pertama Oto Journey Jejak Elektrifikasi di Pantura 2024.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com