Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Mobil Bekas yang Banyak Diincar buat Mudik Lebaran

Kompas.com - 31/03/2024, 07:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2024, masyakarat mulai mencari mobil untuk mudik. Permintaan tertinggi tetap didominasi oleh mobil yang punya tempat duduk banyak.

Andi, pemilik showroom mobil bekas Jordy Motor di MGK Kemayoran, mengatakan, mobil dengan jumlah kursi tiga baris alias mobil dengan jumlah tempat duduk 7-penumpang tetap favorit dicari konsumen.

Baca juga: Jelang Mudik Lebaran, Pertamina Pastikan Kesiapan Penyaluran BBM

"Tetap mobil-mobil tiga baris. Mayoritas tetap (Toyota) Avanza, (Honda) Mobilio, dan (Suzuki) Ertiga," kata Andi kepada Kompas.com, akhir pekan ini.

Mobil bekas yang diminati buat mudik lebaranKOMPAS.com/FATHAN Mobil bekas yang diminati buat mudik lebaran

Andi mengatakan, buat mudik tahun ini konsumen mencari Avanza yang secara umur justru agak tua. Model yang laris masih berkisar pada Avanza model tahun 2016-2017.

"Sepertinya sih budget ya. Ertiga itu sekitar Rp 145 juta, Avanza juga kurang lebih sama," kata Andi.

Baca juga: Cara Aman Operasikan Mobil Matik CVT Saat Mudik Lebaran

"Tapi dari ketiga itu sebetulnya yang lebih banyak dicari saat ini itu Mobilio. Di Mobilio masih kenceng sebetulnya, BR-V juga. Ya karena harga dan mobil tiga baris," kata Andi.

"Kalau Mobilio itu lebih mahal (daripada Ertiga dan Avanza), yang tahun 2016 itu lebih mahal bisa Rp 150 juta ke atas, sampai Rp 155 juta," ujar Andi.

mobil bekas di segmen MPVKompas.com/Nanda mobil bekas di segmen MPV

Baca juga: Bus Baru PO Putra Pelangi, Pakai Sasis Tronton dan Kabin Mewah

Senada dengan Andi, Penanggung Jawab Diler Mobil Bekas BSD, Fathur Robbani, mengatakan, Avanza generasi kedua tahun produksi 2011 - 2019 saat ini banyak dicari konsumen di bursa mobil bekas.

Fathur mengatakan, popularitas Avanza tetap terjaga sebab unit dengan umur di atas 10 tahun saat ini cukup murah mulai dari Rp 90 juta - Rp 120 juta.

“Harganya tidak pernah di atas Rp 120 juta, biasanya di kisaran Rp 100 juta, kadang-kadang ada yang Rp 90 juta kalau (transmisinya) manual. Ini yang banyak diincar,” ucap Fathur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com