Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Gandeng Banyak Merek Mobil untuk Kembangkan Pos Terpadu Mudik

Kompas.com - 27/03/2024, 15:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Agenda mudik lebaran sudah di depan mata dan diprediksi terjadi sepanjang periode 4 - 16 April 2024. Mengantisipasi hal ini, pihak Kepolisian mulai mencanangkan beberapa agenda pengamanan.

Agenda utama yang dijadikan prioritas adalah penempatan posko mudik di banyak lokasi sekaligus. Jenisnya beragam, salah satunya adalah pos terpadu.

Nantinya, pos terpadu akan ditempatkan di sepanjang jalur mudik utama, seperti rest area, jalan antar kota dan antar provinsi, dan semacamnya.

Pos terpadu juga berbeda dengan posko mudik pada umumnya, karena fungsi utamanya adalah untuk memastikan kendaraan milik pemudik dalam kondisi prima, dan bisa dijadikan lokasi servis darurat.

Baca juga: Penjualan Truk Lesu Awal 2024

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kanan), bersama Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi (kiri), dan Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi (kedua kiri) menyapa pengendara mobil yang akan melintasi Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/4/2022). Kunjungan kerja tersebut untuk memastikan kelancaran, keamanan, serta kenyamanan pada masa mudik Lebaran.ANTARA FOTO/AJI STYAWAN Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kanan), bersama Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi (kiri), dan Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi (kedua kiri) menyapa pengendara mobil yang akan melintasi Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/4/2022). Kunjungan kerja tersebut untuk memastikan kelancaran, keamanan, serta kenyamanan pada masa mudik Lebaran.

Kasubag Renops Bagops Korlantas Polri AKBP Bargani menjelaskan, pos terpadu adalah salah satu agenda pengamanan mudik yang digagas dan dipersiapkan sejak lama. Selain itu, program ini juga diklaim mendapat banyak dukungan dari merek-merek mobil.

“Sudah banyak brand yang reach out ke kami (Polisi) dan ada dialog untuk mewujudkan pos terpadu yang komplit, bisa mengantisipasi agenda mudik,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (26/3/2024).

Menurutnya, pos terpadu bisa dianggap seperti posko siaga mudik milik beberapa merek, namun sifatnya lebih universal.

Baca juga: Cara Mudah Reset Head Unit Mobil ke Pengaturan Pabrik

Posko Siaga Toyota Saat Natal dan Tahun BaruTAM Posko Siaga Toyota Saat Natal dan Tahun Baru

Lebih lanjut, Bargani mengaku optimistis jika pos terpadu selama masa mudik 2024 akan jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

“Ini bermanfaat bagi masyarakat khususnya yang mudik menggunakan mobil pribadi, intinya tidak perlu khawatir sepanjang perjalanan,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com