Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Pabrik Baterai, Hyundai Bakal Genjot Produksi Mobil Listrik

Kompas.com - 26/03/2024, 15:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai sedang membuat pabrik baterai kendaraan listrik di Indonesia. Pabrik baterai tersebut memiliki kapasitas 10 gigawatt (GW) dan diharapkan mulai beroperasi dalam waktu dekat.

Produksi baterai akan berada di bawah PT Hyundai LG Indonesia (HLI), pabrik dikabarkan bakal mulai beroperasi pada April 2024 setelah pembangunannya resmi dilakukan pada September 2021 lalu.

Baca juga: Estimasi Biaya Kuras Tangki BBM yang Kemasukan Air

Satu yang pasti, dengan adanya pabrik baterai di Indonesia maka produksi mobil listrik Hyundai akan makin lancar karena nantinya disokong oleh baterai sendiri.

Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) meninjau proses perakitan mobil di Pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia yang berada di Bekasi, Jawa Barat, pada hari ini Rabu (16/3/2022) sekaligus meresmikan peluncuran mobil listrik Ioniq 5 pertama yang dibuat di Indonesia.ANTARA FOTO/HO/Biro Pers, Media dan Informasi Setpres/Kris Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) meninjau proses perakitan mobil di Pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia yang berada di Bekasi, Jawa Barat, pada hari ini Rabu (16/3/2022) sekaligus meresmikan peluncuran mobil listrik Ioniq 5 pertama yang dibuat di Indonesia.

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), mengatakan, jumlah produksi mobil listrik Hyundai bakal meningkat dari 50.000 unit menjadi 70.000 unit per tahun.

"Perakitan mobil kapasitas 150.000 unit. Untuk mobil listrik dari 50.000 tahun ini kami rencanakan jadi 70.000 unit. Dengan 70.000 unit itu kami harus ada dukungan dari pabrikan baterainya," ujar Frans di Jakarta, belum lama ini.

"Jadi pabrik (mobil) punya kapasitas 150.000 unit untuk domestik dan ekspor. Kami tidak bermain dengan tadi tapi berapa volume dan yang bisa diaplikasikan dalam mobil Hyundai," ujarnya.

 PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) menyerahkan 148 kendaraan untuk mendukung gelaran FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023.
Kompas.com/Nanda PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) menyerahkan 148 kendaraan untuk mendukung gelaran FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023.

Baca juga: Servis Ringan AC Mobil Sebelum Dipakai Mudik, mulai Rp 200.000-an

Untuk diketahui pabrik baterai HLI Green Power berada di Karawang, Jawa Barat, dan membuat Indonesia menjadi negara pertama produsen sel baterai kendaraan listrik di Asia Tenggara yang menggunakan teknologi terbaru dari LG.

Pabrik sel baterai di Karawang, Jawa Barat, berdiri di lahan seluas 330.000 meter persegi dengan dana investasi mencapai USD 1,1 miliar atau sekitar Rp 16 triliun.

Fasilitas ini dinilai dapat mendukung upaya pemerintah untuk mengembangkan ekosistem Battery Electric Vehicle (BEV) secara menyeluruh dan berkelanjutan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com