Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Hal ini Saat Beli Tiket Bus AKAP Musim Mudik Lebaran

Kompas.com - 18/03/2024, 13:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki bulan Ramadhan tidak terlepas dari ritual musim mudik libur Lebaran. Ada beragam cara untuk pulang ke kampung halaman, salah satunya menggunakan transportasi umum berupa bus AKAP

Dalam rangka musim mudik, sejumlah perusahaan otobus (PO) juga telah memberikan beragam promo dan penawaran spesial untuk menarik minat penumpang bus AKAP. Bahkan sejumlah PO juga sudah membuka penjualan tiket bus AKAP untuk musim mudik.

Baca juga: PO Sinar Jaya Buka Trayek Tangerang - Banyuwangi, Pakai Suites Class

Bus AKAP di Terminal Bubulak BogorKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus AKAP di Terminal Bubulak Bogor

Membeli tiket bus AKAP kini juga bisa dilakukan secara online atau langsung ke loket agen tiket. Namun, sebelum membeli tiket, alangkah baiknya calon penumpang memperhatikan beberapa hal agar perjalanan mudik lebih aman dan menyenangkan. 

"Pada saat musim mudik Lebaran biasanya setiap PO punya promo atau harga tiket yang beragam. Maka dari itu penumpang harus jeli promo tersebut berlaku untuk tanggal berapa, sebab beberapa PO memberika promo tiket bus AKAP musim Lebaran yang berlaku di tanggal tertentu," kata agen tiket bus PO ANS kepada Kompas, Minggu (17/3/2024). 

Baca juga: Cara Aman Usir Kantuk buat Pengendara Motor di Bulan Puasa

Kemudian, pada saat membeli tiket pastikan data diri yang dicantumkan sudah benar sesuai dengan kartu identitas. Pastikan pula detail rute perjalanan telah sesuai dengan pemesanan, mulai dari jam keberangkatan bus, titik keberangkatan dan juga titik akhir penumpang bus. 

"Perhatikan juga barang bawaan yang ingin ditaruh di bagasi luar bus. Untuk di PO ANS akan memberikan kapasitas maksimal 20 kg secara gratis untuk setiap penumpang," kata agen tiket bus PO ANS. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com