Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Kemampuan Dua Motor Alva Melibas Genangan Berbeda

Kompas.com - 13/03/2024, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alva baru saja meluncurkan sepeda motor listrik baru dengan nama One XP.  Model tersebut merupakan penyempurnaan dari One yang pertama rilis sejak 2022.

Salah satu perbaikan yang ada yakni bagian motor listrik (dinamo) yang dibuat lebih tahan banting. Cuma, kemampuan melibas genangan cuma di 15 cm saja, beda jauh dengan Cervo, model lain Alva yang bisa sampai 50 cm.

Masykur, Product Planning Advisor Alva, mengatakan, secara teknis motor listrik di One XP bisa lebih tinggi dari 15 cm, cuma disesuaikan dengan kondisi jalanan di Indonesia.

Baca juga: Perawatan Paling Penting di Motor Listrik Alva, Cek Baterai

Alva Cervo hadir di Jakarta Fair 2023Kompas.com/Daafa Alva Cervo hadir di Jakarta Fair 2023

"Kondisi di Indonesia kan beda banget dengan negara lain, genangannya tidak hanya kotor, tapi berlumpur, makanya 15 cm itu cukup," kata Masykur kepada Kompas.com belum lama ini.

Kalau dibandingkan dengan Cervo, memang beda jauh kemampuannya. Keunggulan Cervo yang bisa melibas genangan sedalam 50 cm adalah karena posisi motor listrik yang ada di tengah (mid-drive) dan lebih tinggi, 

"Kenapa One XP tidak jadi mid-drive juga, karena One XP kita desain supaya lebih nyaman," ucap Masykur.

Baca juga: Bahayanya Ngebut dan Menyalip dari Kiri, Bisa Celaka


Sedangkan Cervo, pertimbangan memakai model mid-drive karena membuat penyebaran bobot lebih merata. Sehingga, performa yang ditawarkan memang jauh lebih unggul dari One XP.

"Cervo ini pakai CVT, ada oli gardannya. Perawatan memang lebih banyak (dari One XP), tapi performanya lebih baik, terbayarkan," kata Masykur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com