Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas 2 Teknologi Unggulan pada Mobil Listrik BYD

Kompas.com - 25/02/2024, 17:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Build Your Dreams (BYD) untuk pertama kalinya hadir pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 melalui PT BYD Motor Indonesia. Pabrikan asal China ini memiliki dua teknologi yang diandalkan pada mobil listriknya.

Tatsuya Mikami, Chief Advisor BYD Japan, mengatakan, beberapa inovasi terkini BYD adalah e-platform 3.0 dan 8-in-1 powertrain. Kedua inovasi tersebut sudah disematkan pada ketiga kendaraan listriknya yang sudah diluncurkan di Indonesia, yaitu Dolphin, Atto 3, dan Seal.

Baca juga: Banyak Pengunjung IIMS Geber BYD Seal di Area Test Drive

"Teknologi revolusioner BYD, yang meliputi teknologi 8-in-1 powertrain dan e-platform, mewakili pencapaian luar biasa dalam dunia otomotif. Dengan mengintegrasikan delapan fitur kunci secara sinergis dalam satu kesatuan, BYD membuka babak baru dalam transformasi industri, mengarahkan kita ke arah mobilitas yang lebih efisien, inovatif, dan berkelanjutan," ujar Mikami, saat acara BYD Tech Auto Talks di booth-nya, belum lama ini.

Mobil listrik BYD mengandalkan e-platform 3.0Dok. BYD Mobil listrik BYD mengandalkan e-platform 3.0

Mikami mengatakan, BYD memiliki platform yang lebih canggih dan berteknologi tinggi. Dengan keterangan huruf “E” di depan kata platform menunjukkan koneksi elektrik pada platform tersebut, dan menambahkan 3.0 di belakangnya karena terintegrasi dengan blade battery.

"e-platform 3.0 memiliki empat keunggulan yang menjaga performa kendaraan listrik BYD secara menyeluruh. Rancangan eksklusif pada bodi e-platform 3.0 menjamin keamanan kendaraan listrik murni karena blade battery dipasang menempel dengan bodinya, sehingga bisa memantau suhu dan menjaga kekuatan bodi," kata Mikami.

"Keamanan e-platform 3.0 juga ditunjang dengan estetika bodi mobil yang lebih rendah dan basis roda yang lebih panjang, sehingga membebaskan desain aerodinamis kendaraan dan menjadikan tampilan mobil yang lebih baik," ujarnya.

Baca juga: BYD Pamer Teknologi ke Pengunjung IIMS 2024

Mikami menjelaskan, dalam perancangan e-platform 3.0, BYD mengintegrasikan motor, gearbox, inverter, konverter DC/DC, dan komponen penting lainnya ke dalam satu unit, memberikan keuntungan berupa penghematan ruang di bodi mobil.

Tatsuya Mikami dari BYD Jepang menjelaskan tentang e-platform 3.0 dan 8-in-1 powertrain pada IIMS 2024Dok. BYD Tatsuya Mikami dari BYD Jepang menjelaskan tentang e-platform 3.0 dan 8-in-1 powertrain pada IIMS 2024

Menurutnya, pendekatan ini tidak hanya mengurangi berat kendaraan dan meningkatkan efisiensi, tetapi juga memaksimalkan ruang kabin untuk kenyamanan pengemudi dan penumpang.

"Sebagai suatu sistem, e-platform juga mampu mengatur suhu baterai dengan efektif bahkan dalam kondisi cuaca ekstrem, memperpanjang jangkauan kendaraan, dan meningkatkan kenyamanan, serta meningkatkan integrasi yang kuat antara sistem penggerak, pengereman, dan kemudi untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih responsif," ujar Mikami.

Menariknya, BYD tidak membatasi e-platform ini hanya untuk mobil listriknya. Produsen kendaraan listrik lainnya juga diizinkan untuk menggunakannya, sehingga teknologi BYD bisa dinikmati oleh lebih banyak orang.

Mobil listrik BYD mengandalkan e-platform 3.0Dok. BYD Mobil listrik BYD mengandalkan e-platform 3.0

Teknologi unggulan lainnya adalah 8-in-1 powertrain, yang mencakup banyak komponen, seperti Battery Management Systems (BMS), Vehicle Control Unit (VCU), inverter, Power Distribution Unit (PDU), dan On Board Charger (OBC). Semuanya digabung menjadi satu unit, dan gearbox/e-motor dalam unit lain. Pemisahan komponen dilakukan pada semua perangkat kecuali gearbox dan e-motor.

Sistem daya listrik inovatif 8-in-1 mengintegrasikan VCU, serta BMS, PDU, motor penggerak, Motor Control Unit (MCU), Unit, transmisi, dan OBC.

BYD memamerkan deretan teknologi canggihnya pada IIMS 2024Dok. BYD BYD memamerkan deretan teknologi canggihnya pada IIMS 2024

"Integrasi mendalam pada 8-in-1 powertrain BYD memberikan efisiensi sistem sebesar 89 persen, dan mencakup fungsi mengemudi dan pengereman, dengan pengendali domain powertrain canggih untuk respon cepat dan pemanfaatan penuh motor listrik. Pengendali domain kokpit dan pengendali domain bodi BYD sudah dalam tahap produksi massal," ujar Mikami.

Mikami mengatakan, terdapat dua keuntungan 8-in-1 powertrain, mulai dari ukuran yang efisien dengan ruang yang lega sebagai rumah dari komponen-komponen, dan dari segi biaya. Sebab, BYD membuat semua komponen secara in-house, sehingga harga produksi dapat lebih terjangkau dan akan menguntungkan konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com