Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Alphard dan Vellfire Sulit untuk Diproduksi Lokal

Kompas.com - 25/02/2024, 14:51 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota resmi meluncurkan All New Toyota Vellfire Hybrid di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Mobil MPV mewah tersebut menyusul kehadiran All New Alphard yang rilis Agustus 2023.

Saat ini baik Alphard dan Vellfire masih diimpor secara utuh alias Completely Built Up (CBU) dari Jepang. Tak heran jika disebutkan beberapa waktu lalu indennya mengular karena permintaan banyak pengiriman sedikit.

Baca juga: Sewa Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5, Mulai Rp 20 Jutaan per Bulan

Toyota All New Vellfire Hybrid resmi meluncur di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.  MPV mewah produksi pabrik Jepang hadir menyusul saudaranya All New Alphard yang hadir Agustus 2023.KOMPAS.com/Gilang Toyota All New Vellfire Hybrid resmi meluncur di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. MPV mewah produksi pabrik Jepang hadir menyusul saudaranya All New Alphard yang hadir Agustus 2023.

Wakil Direktur Utama PT Toyota Motor Manufacturing (TMMIN) Bob Azam, mengatakan, mau saja memproduksi Alphard dan Vellfire di Indonesia namun tergantung dengan permintaan yang ada.

"Alphard dan Vellfire masih CBU, ya kalau mau diproduksi lokal minimal 50.000 unit jualannya. Semua model tidak hanya Vellfire. Kan ada minimum," ujar Bob saat pembukaan IIMS 2024, beberapa waktu lalu.

Jika bicara kuota yang disebutkan oleh Bob Azam maka kemungkinan Alphard dan Vellfire dibuat atau setidaknya dirakit lokal alias completely knock down (CKD) masih tertutup.

Baca juga: Harga Resmi Tiket MotoGP Mandalika 2024, mulai Rp 700.000

All New Alphard 2023 pada GIIAS 2023. DOK. TAM. All New Alphard 2023 pada GIIAS 2023.

Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi mengatakan, target penjualan Alphard saat ini sekitar 500 unit per bulan, sedangkan target jualan Vellfire Hybrid hanya 10 persen dari Alphard.

"Rata-rata penjualan Alphard itu sekitar 400-500 unit per bulan kalau ini kira-kira 10 persen dari jumlah itu sekitar 40-50 unit per bulan," ujar Anton.

Harga Vellfire Hybrid lebih mahal. Saat ini mobil dibanderol dengan harga Rp 1,8 miliar on the road (OTR) Jakarta. Lebih mahal dari Alphard yang dibanderol mulai Rp 1,3 miliar untuk bensin dan Rp 1,6 miliar untuk tipe hybrid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com