Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moeldoko Prediksi VinFast dan BYD Bakal Disrupsi Pasar Mobil Listrik

Kompas.com - 21/02/2024, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar otomotif nasional kian ramai di 2024, khususnya di segmen mobil listrik setelah kehadiran dua pabrikan besar baru, yakni BYD dari China dan VinFast asal Vietnam.

Kedua merek ini pertama kali menyapa calon konsumen di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Tidak menunggu waktu lama, baik BYD atau VinFast juga sudah mulai berjualan saat pameran.

BYD dan VinFast juga cukup memeriahkan ajang IIMS 2024, dengan menghadirkan model mobil listrik terbaru dengan desain unik serta fitur mumpuni.

Moeldoko, Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), mengaku cukup bersemangat dengan adanya kondisi semacam ini.

Baca juga: Diskon Wuling Air ev di IIMS 2024, Tembus Rp 40 Juta

BYD Dolphin mejeng di IIMD 2024, jadi salah satu mobil listrik yang diacungi jempol oleh JokowiKompas.com/Daafa Alhaqqy BYD Dolphin mejeng di IIMD 2024, jadi salah satu mobil listrik yang diacungi jempol oleh Jokowi

Menurutnya, variasi dari segi desain, model, dan semacamnya akan sangat menguntungkan masyarakat. Segmen mobil listrik sendiri diklaim masih baru, jadi ada banyak ruang untuk perkembangan.

Selain itu, dia juga mengamini jika hadirnya BYD dan VinFast bisa mendisrupsi pasar mobil listrik nasional, yang selama ini dirasa cukup tenang tanpa ada persaingan berarti.

“Saya pikir masyarakat harus semakin banyak diberikan pilihan ya. kemarin-kemarin kan belum banyak pilihan. Sekarang dengan brand-brand baru ini, orang punya kesempatan untuk memilih lebih banyak,” ucapnya menjawab pertanyaan Kompas.com, Selasa (20/2/2024).

Baca juga: Diskon Suku Cadang dan Aksesori Suzuki di IIMS 2024

BYD Seal Performance AWD mejeng di IIMS 2024, harganya Rp 719 juta dan punya daya jelajah 580 kilometerKompas.com/Daafa Alhaqqy BYD Seal Performance AWD mejeng di IIMS 2024, harganya Rp 719 juta dan punya daya jelajah 580 kilometer

Moeldoko menambahkan, salah satu kunci utama dari inovasi adalah kompetisi. Menyangkut mobil listrik, pertarungan antar merek-lah yang bisa jadi katalis.

“Kompetisi kompetitif di desain, di kecanggihan, yang kedua kompetitif di harga. Nah ini masyarakat punya hak untuk memilih yang terbaik mana,” kata Moeldoko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com