Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menperin Pastikan Mitsubishi Siap Ekspor Mobil ke Australia

Kompas.com - 15/02/2024, 12:32 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa Mitsubishi Indonesia sudah janji bakal mengirimkan mobil buatan dalam negeri ke Australia dalam waktu dekat.

Kendati tidak menyebutkan modelnya, langkah tersebut diambil sebagai upaya meningkatkan jangkauan pasar perusahaan ke kawasan baru di dunia, memanfaatkan kerja sama perdagangan yang sudah ada.

"Mitsubishi janji ke kami akan segera ekspor (mobil) ke Australia," kata Agus usai seremoni pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2024).

Baca juga: Berkeliling IIMS 2024, Jokowi Sebut Mobil Listrik merupakan Masa Depan

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam satu kesempatanKemenperin Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam satu kesempatan

Kabar ini melanjuti pernyataan President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation (MMC) yang sempat menjelaskan bahwa terdapat rencana untuk ekspor Pajero Sport buatan Indonesia ke sana.

Rencana dimaksud merupakan salah satu dari bagian strategi MMC di ASEAN. Namun, kuota ekspor belum bisa ditentukan karena alasan mempertimbangkan beberapa kemungkinan.

"Sebagai bagian dari strategi ASEAN, Mitsubishi Motors berencana untuk mengekspor sebagian SUV menengah Pajero Sport, yang diproduksi di Thailand dan diekspor ke Australia, dari Indonesia pada kuartal keempat tahun fiskal 2023," kata dia dikutip dari siaran resmi, Selasa (19/12/2023).

Dalam kesempatan terpisah GM Komunikasi Pemasaran dan PR Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Intan Vidiasari mengatakan, Pajero Sport yang dirakit di Indonesia memang bisa memenuhi pasar global yang menggunakan setir kanan, termasuk Australia.

Baca juga: Jokowi Minta Semua Mobil Listrik Diproduksi Lokal

Mitsubishi Pajero Sportdok.MMKSI Mitsubishi Pajero Sport

Hanya saja soal ekspor ke Australia, dirinya belum mau bicara banyak. Tapi dalam beberapa waktu ke depan, akan ada pernyataan resmi dari pihak MMC terkait hal itu.

"Ditunggu saja, beberapa hari ke depan akan ada press release-nya. Setelah itu akan kita jelaskan lebih detail lagi," ujar Intan di sela-sela acara media test drive Misubishi XForce di Yogyakarta, Senin (11/12/2023) malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com