Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Suzuki Jimny 5-Pintu, Simak Perjalanan Panjang Jimny di Indonesia

Kompas.com - 15/02/2024, 09:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tinggal menunggu waktu Suzuki Jimny 5-pintu akan diluncurkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Sport utility vehicle (SUV) ini punya perjalanan yang cukup panjang di Tanah Air.

Perjalanan yang panjang itu membuat Jimny termasuk salah satu mobil yang ikonik di Indonesia. Jimny telah hadir di Tanah Air selama berpuluh-puluh tahun.

Baca juga: Bocoran Harga Suzuki Jimny 5 Pintu, Mepet dengan Varian 3 Pintu

Jimny menjadi SUV legendaris Suzuki Indonesia yang mengalami beberapa kali perubahan secara konsisten mengikuti zaman, tapi tetap mempertahankan karakternya.

Kemampuannya didukung dengan sistem penggerak roda 4x4 menjadi keunggulan tersendiri di kelasnya.

Suzuki menyiapkan treatment khusus buat Jimny 5-pintu. Merek asal Jepang itu membuat fasilitas test drive sendiri khusus untuk pengunjung yang ingin mencoba Jimny di area terbuka IIMS 2024.KOMPAS.com/Gilang Suzuki menyiapkan treatment khusus buat Jimny 5-pintu. Merek asal Jepang itu membuat fasilitas test drive sendiri khusus untuk pengunjung yang ingin mencoba Jimny di area terbuka IIMS 2024.

Harold Donnel, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), menyampaikan bahwa perkembangan Jimny telah menemani banyak petualang Tanah Air.

“Tahun ini, Jimny genap 45 tahun hadir dan menemani para pecinta off-road dan petualangan masyarakat Indonesia. Tentunya perjalanan panjang ini juga diiringi dengan pengembangan model untuk menyesuaikan tren dan kebutuhan pelanggan dari waktu ke waktu," ujar Harold, dalam keterangan resminya, belum lama ini.

Baca juga: Melihat Arena Bermain Suzuki Jimny 5 Pintu di IIMS 2024

"Tercatat sejak mulai dipasarkan di tahun 1970-an hingga saat ini, penjualan Jimny di Indonesia sudah menembus angka 134.000 unit. Kami yakin bahwa Jimny bukan hanya diandalkan menjadi kendaraan untuk hobi, tetapi juga memiliki sisi emosional untuk setiap penggunanya,” kata Harold.

Spyshot Jimny 5 pintu sedang di towingInstagram @yudharachmadi Spyshot Jimny 5 pintu sedang di towing

Memutar kembali rekam jejak Jimny di Indonesia, setidaknya tercatat empat era bersejarah yang juga menggambarkan momentum peluncuran setiap generasi Jimny di Tanah Air:

Generasi Pertama (1970-an - 1982)

Modifikasi Suzuki Jimny Dari AP Speed PerformanceKOMPAS.com/Ruly Modifikasi Suzuki Jimny Dari AP Speed Performance

Era ini menjadi saksi sejarah, di mana Suzuki Indonesia memantapkan tekadnya untuk merakit dan memasarkan Jimny pertamanya, yaitu Jimny seri LJ80, yang kompak dan berkapasitas mesin 800 cc.

Perakitan dilakukan di pabrik Suzuki Indonesia yang kala itu berlokasi di Cakung, Jakarta Timur.

Sebagai pemain tunggal dari SUV berukuran kompak dengan sistem penggerak 4x4, Jimny LJ80 dikenal lincah, tangguh, dan efisien bahan bakar saat menerjang segala medan jalanan di Indonesia. Kesuksesan mobil ini kemudian dilanjutkan oleh Jimny seri LJ-80V dan LJ-80Q yang semakin disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Generasi Kedua (1982 - 2007)

Pada dasarnya yang membedakan Jimny biasa dan Jimny Sierra ialah bentuk bodi belakang. Adapun sasis, mesin, dan kaki-kaki sama.KOMPAS.com/Gilang Pada dasarnya yang membedakan Jimny biasa dan Jimny Sierra ialah bentuk bodi belakang. Adapun sasis, mesin, dan kaki-kaki sama.

Tidak berselang lama, pada tahun 1982 Suzuki kemudian menghadirkan Jimny generasi kedua dengan desain mengotak dan sangat berbeda dari pendahulunya.

Selain itu, SUV ini juga dibekali modal kapasitas mesin yang lebih besar, yaitu 1.000 cc, untuk memfasilitasi kebutuhan off-road penggunanya yang saat itu sudah semakin meningkat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com