Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Lokasi dan Jadwal Contraflow Arus Balik Usai Libur Panjang

Kompas.com - 11/02/2024, 07:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka mengurai lalu lintas yang ingin menuju Jakarta dan sekitarnya, imbas meningkatnya volume kendaraan pada masa arus balik libur panjang Isra Miraj dan Imlek 2024, Jasa Marga siap melakukan contraflow melalui diskresi kepolisian.

Pada Minggu (11/2/2024), contraflow arus balik rencananya dimulai pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 24.00 waktu setempat mulai dari KM 87 (Subang) sampai dengan KM 47 (Karawang Barat), Tol Cikampek.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, Jasa Marga akan mendukung pelaksanaan implementasi SKB untuk menjamin keselamatan, keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.

Baca juga: Video Pengendara Motor Justru Marah Saat Masuk Jalur TransJakarta

Contraflow Tol Jakarta-Cikampek dari Km 47 mulai diberlakukanJASA MARGA Contraflow Tol Jakarta-Cikampek dari Km 47 mulai diberlakukan

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri dan Kementerian PUPR telah secara resmi menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan dan Penyeberangan yang berlaku saat libur Isra Miraj dan Imlek tahun 2024.

Selanjutnya, ketentuan waktu untuk penerapan rekayasa lalu lintas contraflow dapat dievaluasi waktu pemberlakuannya berdasarkan pertimbangan dari Kepolisian didasarkan pada kondisi lalu lintas pada masing-masing ruas jalan nasional.

“Di dalam SKB ini juga disebutkan, dalam hal terjadi perubahan arus lalu lintas secara tiba-tiba atau situasional, pihak Kepolisian dapat melaksanakan manajemen operasional berupa diskresi pihak Kepolisian,” ujar Lisye, dalam keterangan resmi (8/2/2024).

Baca juga: Alasan Hyundai Masih Pertimbangkan Jual Mobil Murah di Indonesia

Pengguna jalan diimbau untuk mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, dan saldo uang elektronik cukup.

Selain itu, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta selalu berhati-hati dalam berkendara, juga mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com