Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Supra Generasi Terbaru Pakai Mesin Hybrid dan BBM Hijau

Kompas.com - 06/02/2024, 11:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota dikabarkan sedang mempersiapkan generasi terbaru dari mobil sport andalan, Toyota Supra.

Model anyar dari mobil sport dua pintu Toyota ini dikabarkan bakal mendapat mesin dengan teknologi terbaru.

Dikutip dari Carscoops, Selasa (6/2/2024), salah satu sumber dari Japan's Best Car menyebut, mesin pembakaran yang akan digunakan untuk Supra generasi terbaru diyakini merupakan hasil kolaborasi dengan BMW.

Baca juga: Bahaya Menghindari Jalan Berlubang buat Pengendara Motor, Nyawa Bisa Melayang

Mirip dengan mesin saat ini yang menampilkan konfigurasi enam silinder 3.0 liter turbocharged. Namun, perbedaan yang menonjol adalah bahwa mesin ini akan memiliki kemampuan mengonsumsi bahan bakar minyak (BBM) hijau berstatus karbon netral serta mendapat teknologi mild hybrid.

Recall tangki BBM Toyota Supra dan BMW Z4Autoevolution.com Recall tangki BBM Toyota Supra dan BMW Z4

Kendati demikian, pabrikan juga tetap menawarkan versi Internal Combustion Engine (ICE), mengingat untuk mendapatkan bahan bakar netral karbon bukan hal yang mudah bagi pemilik kendaraan.

Belum dijelaskan apa jenis BBM netral karbon yang dimaksud, tapi Toyota sudah melakukan uji coba pada mesin ICE pakai biomassa dan hidrogen.

Adapun mesin baru tersebut diklaim bisa menghasilkan tenaga sekitar 400 PS atau 394 hp, sehingga memberikan tenaga yang lebih besar dari model saat ini, yaitu 382 hp.

Tak hanya itu, pilihan transmisi manual enam percepatan dan transmisi otomatis delapan percepatan juga tetap dipertahankan pada Supra generasi anyar.

Baca juga: Daftar Harga Oli Transmisi Mobil Matik per Februari 2024

Sebelum peluncuran Supra generasi berikutnya, Toyota berencana untuk mengeluarkan model saat ini dengan performa tinggi versi GRMN.

Model ini mungkin akan menggunakan mesin enam silinder twin-turbocharged 3.0 liter yang sama dengan BMW M4 CSL dan diperkirakan akan menghasilkan tenaga sekitar 542 hp. serta dilengkapi dengan transmisi kopling ganda tujuh percepatan yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com