Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Gagal Paham, Begini Sistem Kerja Gigi Transmisi Mobil Matik

Kompas.com - 05/02/2024, 12:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keunggulan mobil transmisi matik tidak perlu menginjak kopling saat pindah gigi, namun pada dasarnya perpindahan gigi di mobil matik sama seperti mobil transmisi manual.

Bedanya ialah di transmisi mobil matik perpindahan gigi diatur sedemikin rupa secara otomatis di dalam sistem. Karena itu dinamakan automatic transmision berbeda dengan transmisi manual yang diatur sendiri.

Baca juga: Mazda Hidupkan Lagi RE Development Group

Pada transmisi matik, biasanya ada beberapa pilihan posisi gigi, yaitu P (parkir), N (netral), D (maju) kemudian beberapa tambahan lain semisal L, D2, D3, dan sebagainya.

Cara mengecek kondisi kesehatan transmisi mobil matik bekasKompasOtomotif Cara mengecek kondisi kesehatan transmisi mobil matik bekas

Rivey, dari bengkel spesialis matik, Automatic 88, di Raden Inten, Jakarta Timur, mengatakan, tak sedikit orang yang masih belum paham mengenai arti atau simbol pada transmisi matik.

"Perputaran gigi di matik itu sama seperti manual dari 1, 2, 3, 4 dan 5 atau sampai tujuh. Artinya, saat digas giginya akan tetap berawal dari gigi 1," ujar Rivey kepada Kompas.com, yang ditemui di bengkel belum lama ini.

Huruf dan angka tersebut kata Rivey, digunakan ketika pengemudi ingin membatasi transmisi agar tetap berada di rasio gigi rendah.

"Kalau dia D artinya (giginya) terus pindah (sesuai kecepatan/Rpm) dari 1 sampai 5. Kalau (D/atau angka) 2 artinya transmisi bisa pindah dua kali, gigi 1 dan gigi 2. Kalau L artinya cuma satu saja, cuma gigi 1 saja," ujarnya.

Baca juga: Yadea Komentari Kasus Pencurian Baterai, Penjahat Makin Lihai

Transmisi mobil transmisi matikKOMPAS.com/Gilang Transmisi mobil transmisi matik

Rivey menjelaskan, saat di tanjakan pengemudi disarankan menggunakan gigi rendah yaitu L. Pada dasarnya artinya transmisi membatasi cuma menggunakan gigi satu dan kecepatannya dibatasi meski pengemudi menginjak gas penuh.

"Kalau L gigi satu terus kecepatan 40 Kpj, kalau dua berarti 40 Kpj sampai 60 Kpj," katanya.

"Nah, itu banyak orang salah pemahaman, kemudian (D)2 dikiranya gigi dua bukan itu. Artinya kalau D2, artinya dia pindah gigi dua kali (sistem bekerja). Kemudian, kalau D dari gigi 1 sampai gigi 5 atau seterusnya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com