Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Nekat Pemuda Mengeluarkan Anggota Tubuh Saat Mobil Melaju di Tol

Kompas.com - 03/02/2024, 11:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video yang memperlihatkan aksi berbahaya yang dilakukan oleh dua pemuda di salah satu ruas jalan tol.

Dalam video yang diunggah oleh akun @memomedos, terlihat dua orang pemuda yang duduk di pintu mobil dan mengeluarkan separuh tubuhnya dari jendela mobil yang sedang melaju di jalan tol. Bahkan salah satu pria tersebut terlihat bertelanjang dada sambil memegang ponselnya.

Pada narasi video tersebut, disebutkan kejadian terjadi di Jalan Tol Bali Mandara, pada Jumat (2/2/2024) sore.

Baca juga: BMW Klaim Jual Ratusan Unit Mobil Listrik Sepanjang 2023

Aksi tersebut tentu sangat berbahaya, sebab mobil yang sedang melaju bisa saja tiba-tiba melakukan pengereman mendadak dan mencelakai kedua orang tersebut.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, aksi dalam video tersebut sudah melanggar aturan lalu lintas dan sangat berbahaya untuk dilakukan. Sebab, penumpang tersebut hanya bertumpu pada satu tangan, duduk tidak sempurna, dan juga tidak menggunakan pengaman.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MEMOMEDSOS (@memomedsos)

“Jika ingin membuat konten atau uji nyali bukan tempatnya di jalan umum, artinya mereka sudah melanggar aturan lalu lintas dan membahayakan. Aksi seperti ini hanya boleh dilakukan oleh stuntman yang memang sudah berpengalaman mengukur risiko-risiko bahaya,” ucap Sony, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (3/2/2024).

Sony melanjutkan, menurut aturan keselamatan saat kendaraan bergerak semua penumpang wajib duduk sempurna dengan menggunakan safety belt.

“Karena potensi kendaraan bergerak bisa terjadi macam hal, dari yang baik sampai tidak baik seperti selip, manuver, di luar kontrol, ngerem mendadak, goncangan berlebihan, pecah ban dan lain sebagainya. Nah, yang tidak baik seperti yang disebutkan di atas bisa mengancam keselamatan penumpang jika tidak dalam keadaan siap,” kata Sony.

Baca juga: Pilihan LMPV Bekas per Februari 2024, Grand Livina mulai Rp 78 Jutaan

Untuk itu demi keselamatan, penumpang di bagian belakang juga disarankan duduk sempurna menggunakan sabuk pengaman saat kendaraan sedang berjalan.

Ini berkaitan dengan keselamatan penumpang, mencegah terjadinya benturan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com