Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara NGK Antisipasi Maraknya Busi Palsu

Kompas.com - 02/02/2024, 18:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Busi NGK kembali gencar memberikan edukasi kepada pengguna cara membedakan busi asli NGK dan busi imitasi. NGK menilai saat ini pemalsuan busi sudah pada taraf yang mengkhawatirkan.

Diko Oktaviano, Technical Support PT Niterra Mobility Indonesia, produsen busi NGK, mengatakan, belakangan ini beberapa busi palsu atau tiruan menjadi sangat sulit dibedakan atau diidentifikasi.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap All New Honda Stylo 160, Motor Gaya yang Kencang

"Meresahkan dari sisi merek. Kami sering dapat keluhan di pasar, pertama dari distributor. Bahkan kadang distibutor kami tidak paham membedakan busi asli (NGK) dan palsu (imitasi)," ujar Diko kepada Kompas.com, Jumat (2/2/2024).

Cara membedakan busi asli NGK dan busi imitasi.Foto: NGK Cara membedakan busi asli NGK dan busi imitasi.

Diko mengatakan, pihaknya kerap mendapat keluhan mengenai busi NGK. Namun setelah dicek rupanya busi yang bermasalah merupakan busi palsu.

"Klaim yang masuk ke kami itu mengagetkan, sebab katanya beli di toko A atau toko B. Setelah kami cek ternyata businya palsu. Sudah sampai meresahkan begitu. Komplain yang sampai ke kami itu sudah sampai taraf end user (pengguna) tidak bisa membedakan," ujar Diko.

Diko mengatakan, saat ini pihaknya mau intens untuk mengedukasi pengguna soal busi palsu. NGK juga berusaha memberantas peredaran atau setidaknya membuat ruang gerak distribusi busi palsu semakin sempit.

Baca juga: BMW Luncurkan 2 Mobil Listrik Baru, Harga Mulai Rp 1,4 Miliar

"Jadi kami mau intens lagi mengedukasi. Kami juga punya langkah-langkah membasmi busi palsu. Tapi strateginya tidak bisa kami ungkap," ujarnya.

Cara membedakan busi asli NGK dan busi imitasi.Foto: NGK Cara membedakan busi asli NGK dan busi imitasi.

Diko memberikan cara membedakan busi NGK asli dan palsu. Calon konseumen perlu perhatikan dua aspek, pertama dari segi fisik dan kedua performa namun untuk cara kedua lebih sulit dideteksi.

Untuk membedakan secara visual, kata Diko, dapat dilihat dari tulisan pada insulator, bila kedapatan hanya tempelan atau bentuknya tidak rapi, sudah bisa dicurigai bila busi tersebut palsu.

Berikutnya dari bagian gasket atau ring yang menempel pada busi. Bila komponen tersebut mudah lepas, ada kemungkinan busi tersebut palsu, karena yang asli dirancang untuk tidak gampang lepas.

Baca juga: Interval Ganti Busi Mitsubishi Xpander

Busi NGK KOMPAS.com/OTOMOTIF Busi NGK

"Dari lot number atau kode produksi yang tertempel pada bagian besi di sektor busi. Untuk tulisan pakai marking laser jadi tidak mungkin tidak rapi, bisa dipastikan tidak ada cacat," ucap Diko.

Dari performa, busi palsu sudah pasti tidak sebanding dengan busi asli. Sebab pembuatan busi imitasi berbeda dengan yang asli, di mana busi NGK asli menggunakan metode cold caulking.

"Pada busi imitasi, banyak ditemukan struktur busi serta proses pembuatan yang tidak layak manufaktur sehingga sangat mempengaruhi kinerja ruang bakar yang berpotensi bisa merusak mesin kendaraan," ujar Diko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com