Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Tanda-tanda Power Window Mobil Minta Jajan

Kompas.com - 26/01/2024, 14:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini, mobil-mobil lansiran semua merek pasti sudah dibekali satu komponen serupa, yakni power window alias jendela otomatis.

Namun selayaknya komponen mobil pada umumnya, power window juga rawan mengalami kerusakan atau kendala. Supaya fungsinya kembali normal, harus dilakukan perawatan berupa servis.

Untungnya, ada beberapa tanda dan ciri tertentu yang mengindikasikan rusaknya power window mobil. Tanda-tanda ini juga umumnya cukup jelas dan mudah diamati pemilik.

Entis Suparna, Pemilik bengkel spesialis power window Mobil Andi Jaya menjelaskan, kerusakan yang terjadi kemungkinan hanya karena dua sebab, yakni masalah mekanikal atau elektrikal.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas

Gir penggerak power window mobil, model terbaru lebih mudah rusakKompas.com/Daafa Alhaqqy Gir penggerak power window mobil, model terbaru lebih mudah rusak

“Kalau yang paling sering itu masalah elektrikal, biang keroknya di kabel-kabel atau alternator,” ucapnya saat dijumpai Kompas.com di Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (26/1/2024).

Kendala elektrikal juga mudah dipahami, contohnya seperti power window lamban saat naik dan turun, saklar kurang responsif atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

“Biasanya kalau masalahnya elektrikal, yang kena pasti enggak cuma satu pintu saja. Kadang-kadang bisa dua, kadang juga bisa semua pintu kena,” kata Entis.

Sedangkan untuk kendala elektrikal, ciri-cirinya lebih khas karena biasanya melibatkan suara. Contohnya seperti kaca membentur panel pintu, atau mucul desing khas ketika power window diaktifkan.

Baca juga: Dapat Banyak Tekanan, Bastianini Targetkan Juara Dunia MotoGP 2024

Seorang teknisi tengah memperbaiki power window yang rusak di bengkel Berdikari Jaya, Solo, Jawa Tengah (Jateng).Ari Purnomo Seorang teknisi tengah memperbaiki power window yang rusak di bengkel Berdikari Jaya, Solo, Jawa Tengah (Jateng).

“Kalau servis power window itu pasti overhaul (bongkar) pintu, tergantung yang rusak bagian mana. Servisnya lumayan repot, ribetnya itu waktu ngurut kabel,” ujarnya.

Terkait biaya, Entis mematok harga mulai dari Rp 3,5 juta dan disesuaikan berdasarkan jenis mobil. Untuk diketahui, banderol tersebut sudah mencangkup penggantian total dan pembersihan area pintu mobil.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com