Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Rilis GR Yaris RZ Edisi Ogier dan Rovanpera, Hanya 100 Unit

Kompas.com - 26/01/2024, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota tak ada henti-hentinya mengembangkan GR Yaris. Belum lama ini, hot hatchback tersebut dirilis dalam edisi spesial dan terbatas, yakni GR Yaris RZ yang terinspirasi dari dua pebalap legendaris.

Dikutip dari Global.toyota, Jumat (26/1/2024), Toyota Gazoo Racing (TGR) meluncurkan GR Yaris RZ High Performance Sebastian Ogier Edition dan GR Yaris RZ High Performance Kalle Rovanpera Edition. Kedua mobil tersebut menggunakan basis GR Yaris yang telah berevolusi.

Baca juga: Spesifikasi Toyota GR Yaris Facelift di Tokyo Auto Salon 2024

Hadirnya kedua model tersebut sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru. TGR sudah pernah memamerkannya pada Tokyo Auto Salon 2023. Keduanya ditampilkan sebagai GR Yaris edisi spesial yang dikembangkan oleh pebalap Toyota Gazoo Racing World Rally Team (TGR-WRT), Ogier dan Rovanpera.

Toyota GR Yaris RZ High Performance Sebastian Ogier Edition Dok. Toyota Toyota GR Yaris RZ High Performance Sebastian Ogier Edition

Ogier sudah mengumpulkan gelar juara dunia WRC sebanyak delapan kali. Sedangkan Rovanpera, menjadi juara dunia WRC pada 2022 dan 2023. Namun, pengembangannya juga dibantu oleh mantan bos Toyota, sekaligus cucu dari pendiri Toyota, yakni Akio Toyoda.

Toyoda yang akrab disapa di dunia balap dengan nama Morizo saat ini menjabat sebagai Ketua Komisaris di Toyota Motor Corporation. Selain itu, dia juga aktif di dunia balap reli.

Baca juga: Toyota GR Yaris Facelift Meluncur, Ada Pilihan Transmisi Otomatis

"Model ini hadir untuk mengungkapkan rasa hormat dan terima kasih saya kepada para pebalap yang mengasah dan mengembangkan mobil kami dalam reli, kepada semua tim yang memberi kami kesempatan seperti itu, dan kepada penyelenggara reli serta semua pihak yang terlibat, dan juga kepada para penggemar," ujar Morizo.

Toyota GR Yaris RZ High Performance Kalle Rovanpera EditionDok. Toyota Toyota GR Yaris RZ High Performance Kalle Rovanpera Edition

Selain umpan balik dari kedua pebalap yang telah dimasukkan ke dalam perubahan interior dan eksterior serta kontrol 4WD, program pengalaman khusus terkait TGR-WRT direncanakan untuk pembeli edisi khusus dengan harapan mereka dapat ikut merasakan keseruan WRC.

Kedua GR Yaris tersebut dikelir dengan warna eksklusif. Untuk Ogier, menggunakan warna silver dan kaliper rem berwarna biru. Sedangkan milik Rovanpera, menggunakan livery yang mirip dengan mobilnya di WRC dan kaliper rem berwarna merah.

Baca juga: Mitsubishi Xpander HEV Siap Meluncur 1 Februari 2024

Toyota GR Yaris RZ High Performance Sebastian Ogier Edition Dok. Toyota Toyota GR Yaris RZ High Performance Sebastian Ogier Edition

Mode kontrol 4WD baru yang menggantikan mode "Gravel" dan "Track" pada GR Yaris standar telah dikembangkan secara eksklusif untuk kedua edisi khusus ini.

Pada Ogier Edition, terdapat mode berkendara Morizo, Seb., dan Normal. Sedangkan pada Rovanpera Edition, memiliki mode berkendara Donut, Kalle, dan Normal.

Baca juga: Citroen Tunda Distribusi Mobil Listrik E-C3 Electric ke Konsumen

Toyota GR Yaris RZ High Performance Kalle Rovanpera EditionDok. Toyota Toyota GR Yaris RZ High Performance Kalle Rovanpera Edition

Mode Morizo memberikan tingkat traksi dan performa belok yang tinggi. Pada mode ini, koneksi langsung diterapkan secara maksimal pada roda depan dan belakang selama akselerasi dan dilonggarkan seperlunya selama pengereman. Ogier menyukai distribusi tenaga penggerak ini, yang berasal dari pengemudian ekstensif oleh Morizo.

Mode Donut memberikan sensasi yang berbeda dari mode Morizo. Untuk Rovanpera yang unggul dalam drifting dan belokan donat, koneksi langsung diterapkan secara maksimal pada roda depan dan belakang untuk memastikan mobil meluncur secara terkendali selama drifting.

Kedua GR Yaris RZ edisi spesial ini dipasarkan hanya di Jepang alias Japan Domestic Market (JDM). Pembeliannya dilakukan melalui undian dan diproduksi terbatas hanya 100 unit. Sayangnya, tidak disebutkan berapa banderol untuk masing-masing GR Yaris RZ tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com