Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Interval Waktu Ganti Oli Mesin Mobil yang Jarang Dipakai

Kompas.com - 19/01/2024, 17:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil yang digunakan untuk pemakaian dalam kota, kemungkinan butuh waktu lebih lama untuk menempuh jarak tertentu. Sehingga, mungkin saja dalam setahun mobil belum menempuh jarak sampai 5.000 Km.

Rupanya kondisi tersebut masih saja membuat konsumen bingung untuk menentukan kapan penggantian oli mesin yang tepat. Jika mengikuti patokan berdasarkan jarak tempuh maka untuk sampai 5.000 Km maka butuh waktu sangat lama.

Sedangkan jika mengikuti patokan waktu, 6 bulan maka dirasa kualitas oli masih bagus sehingga sayang untuk dilakukan penggantian.

Baca juga: Fenomena Langka, Oli Mesin Mobil Bertambah Seiring Pemakaian

Cek oli mesin lewat dipstickTangkapan layar Cek oli mesin lewat dipstick

Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo mengatakan, meski mobil jarang dipakai, atau pemakaian dalam kota, ganti oli mesin sebaiknya segera dilakukan bila sudah memasuki waktu yang dijadwalkan.

“Karena oli mesin sebenarnya mulai bekerja terhitung sejak mesin bekerja, bukan ketika mobil mulai melaju, itu sebabnya ada patokan waktu untuk penggantian oli mesin,” ucap Hardi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Hardi mengatakan, khusus untuk mobil-mobil yang digunakan di dalam kota, biasanya jarak tempuh akan lama bertambah, sedangkan waktu penggantian oli terasa cepat tercapai.

Baca juga: Daftar Harga Oli Mesin Mobil per Desember 2024

Oli mesin bekas bertambah dan lebih encerIST Oli mesin bekas bertambah dan lebih encer

“Mobil yang dipakai di dalam kota, yang kerap terjebak macet, maka jarak tempuh mobil akan lama sekali bertambah, sementara itu mesin tetap bekerja selama mobil digunakan, ini perlu dijadikan perhatian,” ucap Hardi.

Menurut Hardi, meski jarak tempuh belum tercapai, waktu yang direkomendasikan untuk ganti oli sudah tercapai sebaiknya tetap dilakukan penggantian oli mesin, jangan menunda-nunda.

“Saya menyarankan penggantian oli mesin tiap 5.000 Km atau 3 bulan, mana dulu yang tercapai, saran ini lebih maju dari rekomendasi kebanyakan diler 10.000 Km atau 6 bulan, karena berdasarkan temuan dilapangan kualitas olinya memang sudah waktunya ganti dalam kurun waktu tersebut,” ucap Hardi.

Baca juga: Setelah Dipakai Road Trip Sebaiknya Oli Mesin Diganti


Hardi memberikan toleransi kepada konsumen yang merasa keberatan untuk mengganti oli mesin tiap 3 bulan sekali menjadi 6 bulan karena biasanya kualitas olinya memang masih lumayan bagus.

“Maksimal 6 bulan ganti sekali untuk oli mesin mobil pemakaian dalam kota atau yang jarang dipakai, karena kualitas oli bisa turun bukan karena jarak pemakaian tapi juga waktu pemakaian,” ucap Hardi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com