Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GWM Mulai Produksi Mobil Listrik di Thailand

Kompas.com - 16/01/2024, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Great Wall Motor (GWM) berencana untuk mengembangkan bisnis mobil listriknya di kawasan Asia Tenggara. Salah satu strateginya adalah dengan memproduksi Ora di Thailand.

GWM memproduksi mobil listrik tersebut pada pabriknya yang terletak di provinsi Rayong. Untuk awalan, GWM akan memenuhi kebutuhan konsumen Thailand.

Baca juga: Modifikasi GWM Ora 03, Berubah Jadi Porsche 911 GT3 RS Hatchback

Narong Sritalayon, Direktur Pelaksana GWM Thailand, mengatakan, pihaknya akan mengumumkan rencana bisnis barunya dalam waktu dekat. Termasuk juga mengumumkan model-model mobil baru yang diproduksi di pabriknya.

ORA 03 di pameran GIIAS 2023KOMPAS.com / DIO ORA 03 di pameran GIIAS 2023

"Ini akan menjadi babak baru bagi GWM di Thailand setelah perusahaan ini memasuki pasar Thailand tiga tahun yang lalu," kata Sritalayon, dikutip dari Bangkokpost.com, Selasa (16/1/2024).

Pabrik GWM di Thailand memiliki kapasitas produksi hingga 120.000 unit per tahun. GWM sendiri menargetkan bisa memproduksi sebanyak 80.000 mobil tiap tahunnya.

Baca juga: Komparasi Mobil Listrik Wuling Binguo EV dengan GWM Ora 03

Untuk 2024, GWM berencana untuk memproduksi 8.000 unit Ora Good Cat. Untuk diketahui, Ora Good Cat juga akan dipasarkan di Indonesia, tapi dengan nama Ora 03.

Mobil listrik Ora 03 segera meluncur di GIIAS 2023Kompas.com/Adityo Mobil listrik Ora 03 segera meluncur di GIIAS 2023

Mobil listrik tersebut sudah dipamerkan pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Namun, penjualanya rencananya baru akan dilakukan pada kuartal pertama 2024 oleh PT Inchcape Indomobil Energi Baru.

Hari Arifianto, Direktur Pemasaran PT Inchcape Indomobil Energi Baru, mengatakan, penundaan peluncuran tersebut bukan karena menunggu unit dari Thailand.

"Kemungkinan besar kita masih (impor) langsung dari China," kata Hari, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Toyota GR Yaris dan GR Corolla Tampil Lebih Agresif

Mobil listrik Ora 03 segera meluncur di GIIAS 2023Kompas.com/Adityo Mobil listrik Ora 03 segera meluncur di GIIAS 2023

Ora 03 dibekali dengan baterai berkapasitas 63,13 kWh. Dengan baterai tersebut, daya jelajahnya diklaim dapat mencapai 500 km. Tenaga yang dihasilkan 168 tk dan torsinya 219 Nm.

Namun, ada varian lainnya dengan kapasitas baterai 47,99 kWh. Varian ini diklaim memiliki daya jelajah hingga 400 km. Tenaganya mencapai 141 Tk dan torsinya sebesar 210 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com