Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Sirkuit Baru di Amerika buat MotoGP

Kompas.com - 05/01/2024, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber GPone

JAKARTA, KOMPAS.com - Dorna Sport sempat mengonfirmasi bahwa ingin mengadakan dua seri balapan di Amerika Serikat. Sebab, selama ini AS merupakan pasar besar buat MotoGP, tetapi belum digarap maksimal.

Ada kemungkinan pada 2025 akan dua balapan di AS. Seri perdana ialah di Sirkuit COTA, Austin, Texas, dan yang kedua di sirkuit yang sedang dibangun di Flatrock Motorsport Park di Tennessee.

Baca juga: Video 2 Mobil Penyok Kejar-kejaran di Tol, Ternyata Ditabrak Truk

Sebelum Sirkuit Austin, Texas, MotoGP sempat digelar di dua sirkuit legendaris di AS, yaitu Sirkuit Laguna Seca dan Sirkuit Indianapolis.

Pebalap LCR Honda, Alex Rins, saat menjalani sesi latihan bebas MotoGP Amerika 2023 di Circuit of The Americas (COTA), Jumat (14/4/2023). Terkini, Alex Rins memenangi MotoGP Amerika 2023. (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP/GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP Pebalap LCR Honda, Alex Rins, saat menjalani sesi latihan bebas MotoGP Amerika 2023 di Circuit of The Americas (COTA), Jumat (14/4/2023). Terkini, Alex Rins memenangi MotoGP Amerika 2023. (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Sebelumnya, Flatrock Motorsport Park sudah mendeklarasikan diri potensial untuk menggelar WorldSBK sehingga pada dasarnya juga bisa untuk menggelar MotoGP.

Dilansir dari GPOne, sirkuit baru ini terletak di antara Sungai Mississippi di barat dan Gunung Ridge di bagian timur.

Sirkuit ini disebut cocok untuk MotoGP sebab dekat dengan kantor pusat Trackhouse Entertainment Group. Tim yang sebelumnya menggairahkan Nascar dan kini masuk MotoGP menggantikan RNF Racing jadi tim satelit Aprilia.

Flatrock Motorsport Park didesain oleh desainer sirkuit terkenal Hermann Tilke dan punya konfigurasi yang paling panjang 9,493 km dan versi kompak, yaitu 5,6 km.

Dalam konfigurasi yang paling panjang yakni hampir dua kali lipat dari tiga sirkuit terpanjang MotoGP saat ini, yaitu Sepang, COTA, dan Mugello.

Baca juga: Mengulas Fitur Motor Listrik Honda EM1 e:

Marc Marquez membuntuti Aleix Espargaro saat sesi latihan bebas MotoGP Amerika 2022 di Circuit of the Americas (COTA), Austin, Texas, Amerika Serikat, 8 April 2022.AFP/MIRCO LAZZARI GP Marc Marquez membuntuti Aleix Espargaro saat sesi latihan bebas MotoGP Amerika 2022 di Circuit of the Americas (COTA), Austin, Texas, Amerika Serikat, 8 April 2022.

Sebelumnya, Carlos Ezpeleta, Direktur Olahraga Dorna Sport, selaku promotor MotoGP mengatakan tertarik untuk membuat dua seri balapan di Amerika Serikat.

"Amerika adalah pasar yang penting bagi Dorna, dan juga bagi pabrikan. Orang Amerika harus bersentuhan dengan sepeda motor, dan ini harus menjadi misi kami, karena pergi ke Austin selama setahun dan kemudian menghilang tidaklah cukup," katanya.

"Saya telah mengikuti Formula 1 dan menurut saya ini adalah jalan yang benar. Dalam beberapa tahun terakhir, MotoGP telah melahirkan banyak pemenang dari Amerika dan kita dapat menemukan kembali nilai-nilai tersebut," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com