Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polytron Klaim Motor Listriknya Bisa Libas Banjir dan Tahan Panas

Kompas.com - 10/01/2024, 15:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim pancaroba seperti saat ini serba tidak terduga. Siang panas terik, tapi dari sore sampai malam kerap hujan, bahkan sampai banjir.

Banyaknya populasi motor listrik diuji kekuatannya buat melewati musim ekstrem tersebut. Salah satu produsen yakni Polytron EV mengeklaim motornya kuat menghadapi cuaca panas sampai melibas genangan air.

Tekno Wibowo, Commercial Director Polytron, mengatakan, kekhawatiran motor yang terjemur dan membuat baterai menurun kualitas tidak jadi masalah buat Polytron.

Baca juga: Polytron Bilang Skema Sewa Baterai Bikin Konsumen Lebih Nyaman

Fast charging station Polytron EV Polytron EV Fast charging station Polytron EV

"Di kita enggak, baterai didesain ada di dalam (tanam) supaya enggak kejadian overheat," ucap Tekno di Jakarta, Senin (8/1/2024).

Soal melibas banjir atau genangan, Tekno bilang motornya sanggup saja, dari segi baterai sampai dinamo sudah teruji. Cuma tentu kegiatan tersebut tidak disarankan mengingat ada komponen lain yang bisa saja jadi cepat rusak atau berkarat.

Baca juga: 5 Mobil Bekas Harga Rp 70 Jutaan, Dapat Ayla sampai Camry


"Secara teori enggak masalah, cuma kita enggak sarankan. Baterai dan motor enggak apa-apa, cuma komponen lain kita enggak tahu, nanti ada yang berkarat, air hujan kan sifatnya asam," kata Tekno.

Bahkan buat baterai, sudah mendapatkan sertifikasi IP67. Artinya, baterai sanggup terkena paparan air selama 30 menit di kedalaman satu meter. Selain air, Polytron juga mengeklaim bahwa baterainya tahan dari debu, jadi tidak masalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com