Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Modifikasi Motor Listrik 2024, Variasi Jok Mulai Digandrungi

Kompas.com - 10/01/2024, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Populasi motor listrik di Indonesia semakin meningkat, dampak positif dari diberlakukannya subsidi dari pemerintah, serta banderol murah yang diberikan oleh sebagian besar merek.

Sering dengan meningkatnya populasi, muncullah golongan pengguna motor listrik dengan minat modifikasi, supaya tampilan kendaraan menjadi lebih unik dan menarik.

Satu modifikasi motor listrik ringkas yang saat ini cukup digemari adalah variasi jok. Entah itu sebatas mengubah material kulit, atau mengganti bentuk dan bahan jok secara keseluruhan.

Bachtiar Effendi, Pemilik Bengkel spesialis jok motor One Jock menjelaskan, dirinya semakin sering menerima permintaan khusus dari pengguna motor listrik, sejak beberapa bulan terakhir.

Baca juga: 5 Mobil Listrik yang Berpotensi Dapat Insentif Tahun Ini

Proses modifikasi jok motor, biaya murah meriah mulai Rp 60.000 sajaKompas.com/Daafa Alhaqqy Proses modifikasi jok motor, biaya murah meriah mulai Rp 60.000 saja

“Ordernya makin bertambah, soalnya semakin banyak juga yang pakai (motor listrik). Biasanya tiap minggu pasti ada setidaknya satu orang,” ucapnya saat dijumpai Kompas.com di Jakarta, Selasa (8/1/2024).

Dia menambahkan, sopir ojek online dengan motor listrik adalah konsumen paling umum. Biasanya, jenis modifikasi yang dipesan adalah untuk meningkatkan kenyamanan.

“Busa motor listrik bawaan pabrik itu biasanya tipis dan ngempos, enggak padat. Jadi seringnya itu yang diganti,” kata Bachtiar.

Sedangkan untuk pemesanan atau modifikasi unik dan nyentrik, Bachtiar mengaku belum ada konsumen pengguna motor listrik yang meminta, setidaknya untuk sejauh ini.

Baca juga: Tiga Merek GWM Mulai Dijual Kuartal Pertama 2024

contoh variasi untuk modifikasi Jok Motor, biaya murah meriah mulai Rp 60.000 sajaKompas.com/Daafa Alhaqqy contoh variasi untuk modifikasi Jok Motor, biaya murah meriah mulai Rp 60.000 saja

“Kalau dilihat-lihat modelan motor listrik kan memang ukurannya kecil-kecil, sudah ramai juga tapi belum banyak. Mungkin kalau sudah banyak yang pakai, mulai ada request custom-custom unik,” kata dia.

Karena ukuran jok motor cenderung kecil, banderol variasinya juga cukup murah. Bachtiar sendiri mematok harga sekitar Rp 60.000 sampai Rp 120.000 untuk penggantian material kulit dan bahan jok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com